• Peluang Bisnis Sewa Drone Sangat Menjanjikan

    Peluang Bisnis Sewa Drone Sangat Menjanjikan

    Bicara tentang kamera, tentu identik dengan foto dan video, karena memang fungsi kamera adalah untuk merekam atau menangkap objek untuk dijadikan foto maupun video, seiring berkembangnya jaman jenis kamera semakin beragam baik bentuk, merk dan kualitasnya yang semakin baik serta speaifikasinya yang canggih.

    Akhir akhir ini, ada kamera yang sedang hits di kalangan anak muda dan pebisnis yang gunanya untuk pengambilan gambar dari udara, kamera tersebut tersebut adalah Drone, yaitu kamera tanpa awak yang pengoprasian dan pengendaliannya menggunakan remot kontrol.

    Dengan semakin ramainya drone, semakin ramai juga ide-ide orang untuk menjadikannya ladang bisnis, dengan cara menyewakan drone tersebut untuk merekam momen-momen penting di setiap kegiatan atau event yang mengundang banyak orang dengan tujuan merekam dari udara seberapa banyak dan meriahnya acara bila dilihat dari udara.

    Salah satu sewa drone yang semakin eksis yakni milik pemuda asal Bekasi, Kusmana, ia berinama sewa drone tersbut dengan nama KangDrone, bisnis sewa alat rekam tanpa awak tersebut ia mulai sejak akhir tahun lalu tepatnya bulan Desember 2015.

    "Saya memilih bisnis menyewakan drone ini karena saat ini peluang bisnisnya besar dan menjanjikan, sekarang hampir semua kegiatan ingin diabadikan setiap momennya dari sudut lain yakni dari udara, karena terlihat seberapa ramainya dan bagusnya acara jika dilihat dari sudut udara," kata pria asal Kabupaten Kuningan ini, saat mengabadikan kegiatan Festival Tjirebon Tempo Doeloe di Alun-alun Kejaksan, Jumat (29/4).

    Sewa drone yang ia geluti ini melayani untuk kegiatan seperti prewedd, wedding, pameran, konser, comany profile dan sebagainya. Ia mengungkapkan, meski modal awal bisnis ini cukup besar karena harga drone sendiri tidak semurah kamera jenis lain, akan tetapi, peluang bisnisnya menjanjikan sehingga balik modalnya pun cepat.

    "Harga drone ini macam-macam, tergantung jenis dan merk, untuk drone yang saya punya ini, total harganya sekitar, 20 juta rupiah mencangkup drone+kamera, batrei cadangan, ipad dan alat bantu lainnya, mahal ya? Tapi balik modalnya cukup cepat," ungkapnya.

    KangDrone sendiri di Bekasi tergabung dalam komunitas DJI Phantom Indonesia regional Bekasi, yang anggotanya orang-orang hobi drone dan pebisnis sewa drone se-Bekasi dengan total anggota 30 orang.

    "Saya di Bekasi tergabung dengan komunitas DJI Phantom Indonesia, dengan jumlah anggota sekitar 30 orang, kami memang jarang ketemu kopi darat, karena sudah sibuk dengan jobnya masing-masing, paling kalau kumpul pas ada liputan tv tentang komunitas, disitu kami saling berbagi informasi dan pengalaman tentang dunia yg kami geluti ini," kata Kusmana.