• Batu : Pagupon Camp, Sarana Menginap Wisatawan yang Tidak Bawa Tenda

    Menikmati wisata alam Kota Batu tak lengkap bila tidak menginap. Sensasi menginap di alam itu yang kini mulai disediakan oleh pengelola Coban Talun lewat beragam bangunan unik.

    Usai penginapan bertema tenda Indian Apache, muncul lagi penginapan pagupon yang terbuat dari kayu dan seng. Penginapan ini didesain melengkung layaknya tenda dome.

    "Pagupon ini didesain layaknya camping. Banyak keluarga ke sini ingin menginap tapi tidak bawa tenda," kata Budiono, bendahara Lembaga Masyarakat Desa Hutan Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji kepada BatuTIMES.

    Totalnya ada lima unit pagupon berukuran tiga kali empat meter. Di dalamnya ada kasur yang bisa ditempati untuk enam hingga delapan orang.

    Untuk saat ini, kamar mandi berada di luar. Tapi rencananya akan diberi kamar mandi dan dapur di dalamnya.

    Sedangkan harga yang ditawarkan Rp 250 ribu per malam per unit untuk hari biasa. Saat weekend Rp 290 ribu.

    "Proses pembuatan satu unit kurang lebih lima hari saja. Karena memang kita buat yang dananya tidak begitu besar, unik dan tidak ribet. Lalu setelah melihat beberapa inspirasi di internet, akhirnya jadi seperti ini," imbuhnya.

    Budiono menjelaskan, untuk pembuatan satu unit pagupon menghabiskan dana hingga Rp 20 juta. Di area pagupon ini dikelilingi dengan berbagai tanaman seperti bunga hortensia, bunga pucuk merah, pikok, lavender dan pakis alam. Juga ada taman kelinci. Diberi nama taman kelinci karena ada beberapa ekor kelinci hidup berkeliaran.

    Nantinya, penginapan ini akan ada penambahan lima unit. Lalu ditambah outbond dan playground.

    ”Sejak awal kita punya angan-angan buat 10 unit. Tapi sekarang baru bisa lima unit dulu," jelas Budiono.

    Selain jadi penginapan, pagupon juga menjadi tempat foto selfie. Mereka yang datang tertarik dengan bangunan unik tersebut. Seperi halnya Randy Putra Firmansyah.

    Randy mengetahui pagupon dari sosial media. Menurutnya itu merupakan bangunan yang unik, jarang-jarang ada penginapan seperti itu. "Bagus ya tempatnya, uniknya yang bikin saya kesini," kata Randy.

    Tiket masuk ke pagupon camp dibandrol Rp 5 ribu. Sedangkan tiket masuk ke Coban Talum Rp 7.500. (*)
    Sumber : BatuTimes