• 9 Manfaat dan Khasiat Minuman Rendaman Mentimun Yang Perlu Kamu Tahu!

    Manfaat dan Khasiat Minuman Rendaman Mentimun Yang Perlu Kamu Tahu

    Mentimun sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Keberadaannya sering menemani menu utama sebagai lalapan. Bahkan tak jarang mentimun dijadikan makanan sambilan setelah makan.

    Keberadaannya pun sangat gampang dicari. Tinggal datang ke pasar dan di sanalah tumpukan mentimun segar menanti. Harganya pun murah meriah. Karena murahnya, kita abai terhadap kandungan yang ada di dalam mentimun. Nah, kali ini kita akan bahas tentang khasiat mentimun yang direndam dalam air atau yang biasa disebut infused water.

    Irislah mentimun dan masukkan ke dalam air minum. Biarkan selama 12 jam. Khasiat yang didapat bisa melindungi diri kita dari berbagai penyakit dan kekurangan gizi. Air rendaman mentimun tidak hanya berperan menyegarkan tubuh, tetapi juga kaya akan vitamin C, K, Vitamin B, kalium, antioksidan, mangan dan tembaga. Semua kandungan di atas bisa menjaga kita tetap fit.

    1. Untuk menguatkan tulang dan otot

    Kandungan yang terdapat pada mentimun dan air rendamannya dapat memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang Anda sehat. Hal ini karena mentimun kaya akan silika yang penting untuk pengembangan jaringan ikat, sehingga tulang dan otot Anda akan selalu tetap kuat.

    2. Untuk Meningkatkan Daya Imun Tubuh

    Vitamin yang terkandung dalam mentimun dan air mentimun antara lain vitamin C dan vitamin B kompleks. Zat-zat ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan dan menjaga kebugaran.

    3. Untuk Membersihkan Tubuh

    Infused water mentimun atau air rendaman mentimun memiliki efek detoksifikasi karena terbukti membantu pengeluaran racun yang terakumulasi dalam tubuh Anda. Termasuk juga mengeluarkan semua metabolit dan membersihkan hati sehingga membantu organ tubuh Anda untuk bekerja lebih efektif.

    4. Untuk Mengurangi Kolesterol Jahat

    Kandungan sterol yang terdapat dalam air rendaman mentimun bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, juga mengurangi kekakuan pembuluh darah agar aliran darah di tubuh Anda menjadi lebih lancar, sehingga dapat mengurangi, bahkan mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

    5. Untuk Melawan Kanker

    Mentimun dan air rendaman mentimun memiliki kadar antioksidan yang tinggi, seperti pinoresinol dan sebagainya yang dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghapus radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan menimbulkan kanker.

    6. Untuk Membuat Ginjal Sehat

    Dengan rutin mengkonsumsi mentimun, bahkan tanpa dijadikan infused water, terbukti mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh yang bertanggung jawab menyebabkan penyakit asam urat. Selain itu, air rendaman mentimun mampu menghilangkan kreatinin, dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di dalam ginjal.

    7. Untuk Menghilangkan Bau Mulut

    Mentimun mempunyai phytochemcials yang bisa membunuh bakteri yang berkembang di dalam mulut Anda. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi mentimun, dapat menjaga kesehatan mulut Anda agar tetap segar sepanjang hari.

    8. Untuk Melindungi Otak

    Kandungan substansi anti-inflamasi, fisetin yang terdapat pada mentimun berperan meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan yang terjadi pada otak. Infused water mentimun atau air rendaman mentimun juga dapat mencegah kerusakan otak dengan memperbaiki dan melancarkan aliran darah ke otak.

    9. Untuk Kulit dan Rambut

    Kandungan antioksidan dalam mentimun yang tercuci dalam air mampu menjaga kulit tubuh tidak kering, tetap segar dan cerah. Kandungan silikon dan sulfur dalam mentimun juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut./net