• Wow!! Jogjakarta Punya Lebih dari 10 Ribu Kamar Hotel

    Wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan kamar hotel saat berlibur di Jogja. Sebab, saat ini DIJ memiliki 11.380 kamar. Itu terdiri dari 119 hotel berbintang dan 3.500 kamar di 1.060 hotel non bintang. Selain itu, ada homestay di desa-desa wisata yang fasilitas dan layanannya sudah setara dengan hotel non bintang.

    Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) BPD DIJ Istidjab M Danunagoro mengatakan, di peak season atau libur panjang akhir tahun ini ketersediaan lamar hotel mencukupi. Meski wisatawan cenderung memilih hotel dikawasan Malioboro (ring satu). Sehingga di peak season seperti ini hotel-hotel di ring satu dipastikan tingkat huniannya sudah 100 persen atau full. “Jangan khawatir, karena masih ada hotel di ring dua dan tiga, atau bisa juga ke hotel non bintang. Tapi ada juga wisatawan yang ingin suasana beda, bisa ke homestay di desa wisata,”ujarnya, kemarin (30/12).

    Menurutnya, okupansi hotel di peak season seperti ini pasti meningkat, ring satu bisa capai 100 persen sedangkan lainnya rata-rata 80 hingga 90 persen. Bahkan saat ini, selain hotel bintang dan non bintang, ada 20 desa wisata yang homestay-nya sudah siap melayani seperti halnya hotel-hotel pada umumnya. Homestay tersebut merupakan anak angkat dari 20 hotel yang ada di Jogja. “Suasana jelas berbeda, mereka juga menyiapkan atraksi dan aktivitas yang akan membuat wisatawan merasakan pengalaman berbeda,”ujarnya.

    Meski di peak season seperti ini Jogja diserbu wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara, namun lama tinggal atau Length of Stay (LoS) rata-rata masih dua malam.

    Terkait hal itu, Kepala Dinas Pariwisata DIJ Aris Riyanta mengatakan, LoS sebenarnya belum dijadikan ukuran dalam indikator keberhasilan dalam sektor kepariwisataan. Kualitas wisatawan justru diukur dari seberapa besar multiflier effect kepada masyarakat. “Dua hari nggak papa, yang penting spending-nya yang banyak. Karena itu yang akan dirasakan oleh masyarakat,”ujarnya.(dya/din/ong - RADARJOGJA.CO.ID)