• Tahun Baru 2017, Ayo Salat Subuh Berjamaah

    Sesaat setelah pergantian tahun baru masehi 2017, umat muslim dari Jawa Tengah dan Jogjakarta dijadwalkan berkumpul di Magelang. Mereka hendak menggelar salat subuh berjamaah di Masjid Agung Kauman, Alun-alun Kota Magelang. Salat subuh berjamaah juga akan digelar di Masjid An-Nur Kota Mungkid.

    Salat subuh berjamaah di Masjid Kauman diprakarsai Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI Jateng, Forum Remaja Muslim (Fosrem) Kota Magelang dan Forum Aliansi Umat Islam Bersatu Magelang Raya. Ratusan ulama diperkirakan ikut dalam gerakan salat subuh berjamaah ini.

    “Salat subuh berjamaah ini merupakan moment untuk menjalin silaturahmi antar muslim dari Jateng dan Jogjakarta. Kita meninggalkan seragam masing-masing dan bersatu dalam Gerakan Subuh Berjamaah,” kata salah satu panitia Ridwan Budiyarto.

    Ridwan mengatakan, perwakilan umat muslim dari berbagai daerah di Jateng sudah berkumpul membahas acara tersebut. Diantara mereka sepakat akan menghadiri acara dengan semangat kebersamaan. Selain salat, ada juga tausyiah dari beberapa tokoh muslim di Jateng.
    “Tahun baru saat ini identik dengan kegiatan hura-hura. Untuk itu, kami mengajak muslim semua bergabung bersama di Masjid Kauman Kota Magelang dalam satu kalimat tauhid,” jelasnya.

    Ia menjelaskan, gerakan subuh berjamaah ini bukan menandingi acara hura-hura pergantian tahun baru. Namun untuk lebih mengarahkan agar kegiatan tahun baru bisa diisi dengan kegiatan positif. Terutama oleh kaum muda di Magelang dan sekitarnya.

    “Selain itu perlu diketahui bahwa salat subuh banyak sekali manfaatnya,” ungkapnya.

    Setelah subuh berjamaah, ada juga sosialisasi terkait pemberdayaan ekonomi umat. Di Masjid An-Nur, Kota Mungkid Kabupaten Magelang acara diprakarsai MUI dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Magelang. Di dua masjid ini, umat dihimbau untuk mengenakan pakaian warna putih.