• 7 Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Hutan Pinus Mangunan

    Kawasan Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu tempat wisata favorite baru warga Jogja dan sekitarnya. Alasannya, karna kawasan ini punya pemandangan indah dan udara yang sejuk.

    Lokasi Hutan Pinus Mangunan juga tak terlalu jauh dari Kota Jogja. Sekitar satu jam saja berkendara kita sudah bisa sampai ke sana. Aksesnya juga sangat mudah karna lokasinya yang satu arah dengan Imogiri.

    Kawasan Hutan Pinus Mangunan merupakan dataran tinggi. Dari beberapa spot, kita bisa melihat pemandangan Kota Jogja dari ketinggian. Bahkan beberapa spot juga memungkinkan kita untuk menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu yang hijau membentang.

    Hutan Pinus Mangunan sendiri merupakan kawasan yang sangat luas dan terbagi-bagi atas beberapa bagian. Di kawasan itu juga terdapat beberapa tempat yang sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata, selain objek utamanya yakni Hutan Pinus Mangunan itu sendiri.

    Berikut ini adalah 7 tempat menarik di kawasan Hutan Pinus Mangunan.

    1. Puncak Becici



    Di kawasan Hutan Pinus Mangunan ada beberapa bukit di mana kita bisa melihat pemandangan hijau yang menenangkan mata. Oleh masyarakat yang tinggal di sekitarnya, bukit-bukit tersebut dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata dengan membangun fasilitas-fasilitas sederhana namun sangat berguna. Salah satu bukit tersebut adalah Puncak Becici yang dapat kita akses sekitar 15 menit berkendara dari spot utama di Hutan Pinus Mangunan.

    Lokasi Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat ini juga merupakan spot menarik untuk menikmati pemandangan sunset.

    2. Bukit Panguk



    Jika kamu pernah ke Kebun Buah Mangunan yang lokasinya juga tak jauh-jauh amat dari hutan pinus, maka kamu pasti sudah melihat pemandangan hijaunya Geopark Gunung Sewu yang seolah dibelah oleh aliran Sungai Oya yang berwarna toska. Nah, pemandangan yang sama akan kamu dapatkan saat berkunjung ke Bukit Panguk yang lokasinya berada di desa yang sama dengan Kebun Buah Mangunan, tepatnya di Dukuh Kediwung.

    Jika kamu datang ke tempat ini saat pagi hagi, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang dramatis dengan kabut menyelimuti sebagian dari Geopark Gunung Sewu.

    3. Hutan Pinus Pengger



    Hutan Pinus Pengger berjarak sekitar 4 km dari Hutan Pinus Mangunan. Sejatinya, Hutan Pinus Pengger juga berada di kawasan yang sama denang Hutan Pinus Mangunan. Hanya saja, nama hutan pinus belum terlalu familiar.

    Fasilitas yang ada di Pengger tak jauh beda dengan yang ada di Mangunan. Di hutan pinus ini juga sudah disediakan beberapa gazebo, ayunan, serta tempat duduk yang terbuat dari pohon pinus yang sudah mati. Warung, mushola, toilet juga sudah ada. Bahkan, kalau kita ingin mengadakan kegiatan khusus (misalnya makrab), pengelola juga sudah menyediakan sebuah pendopo. Tak jauh dari pendopo ini ada sebuah spot menarik dengan pemandangan yang istimewa. Jika kita ke spot ini pada malam hari, pemandangan yang akan kita dapatkan akan sama seperti di Bukit Bintang, bahkan lebih indah.

    4. Bukit Mojo



    Pemandangan yang akan kita dapatkan di Bukit Mojo kira-kira sama seperti Bukit Panguk. Lokasi kedua bukit ini juga tak berjauhan, sekitar 2 km saja. Dari bukit ini kita juga bisa melihat hijaunya Geopark Gunung Sewu dari anjungan-anjungan (atau apapun kamu menyebutnya) yang dibangun oleh warga setempat. Sungai Oya juga terlihat sangat cantik dari bukit ini. Bukit Mojo masih tergolong sangat baru. Tempat ini baru dibuka sebagai sebuah tempat wisata sekitar Juli 2016 lalu.

    5. Tebing Watu Mabur



    Watu Mabur kalau diartikan ke Bahasa Indonesia artinya adalah batu terbang. Entah kenapa dinamakan demikian. Yang jelas, tempat ini punya pemandangan bagus. Pemandangan yang akan kita dapatkan dari tempat ini tak jauh beda dengan Bukit Panguk dan Bukit Mojo, yakni Geopark Gunung Sewu serta aliran Sungai Oya. Beberapa spot yang bisa digunakan untuk foto-foto juga sudah dibangun oleh warga sekitar. Di tempat ini juga terdapat area camping yang bisa menampung beberapa tenda.

    6. Bukit Watu Lawang



    Bukit Watu Lawang juga merupakan tempat di mana kita bisa menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu serta aliran Sungai Oya. Lokasi tempat ini berada di sebelah barat Kebun Buah Mangunan. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia “Watu Lawang” artinya “batu pintu”. Meski begitu, kita tidak akan menemukan pintu di tempat ini. Yang ada hanya bongkahan batu kapur yang bisa kita jadikan pijakan untuk berpose atau menikmati pemandangan. Konon, bukit ini terbentuk akibat proses pembentukan aliran Sungi Oya.

    7. Kebun Buah Mangunan

    Click here to see a large version

    Di antara tempat-tempat bagus yang ada di Mangunan, Kebun Buah Mangunan barangkali adalah yang paling terkenal. Tempat ini memang punya pemandangan yang luas biasa indah. Gardu pandang yang ada di kebun buah ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan Geopark Gunung Sewu. Aliran Sungai Oya juga terlihat begitu sempurna dari tempat ini. Jika kamu datang ke tempat ini saat musim kemarau atau peralihan, pemandangan aliran Sungai Oya akan terlihat begitu cantik dengan warna toskanya.

    Meski namanya adalah Kebun Buah Mangunan, jangan berharap kamu akan menemukan banyak pohon buah seperti di Mekarsari. Di tempat ini kita hanya akan menemukan pohon rambutan serta belimbing. Adapun objek utama tempat ini adalah gardu pandang yang lokasinya berada di atas bukit. Seperti yang sudah disebutkan, gardu pandang di kebun buah ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Geopark Gunung Sewu.


    Sumber