• 5 Alasan untuk Merayakan Malam Tahun Baru di Gili Trawangan

    Sudah memiliki rencana untuk menyambut malam pergantian tahun 2016? Kalau belum, Anda bisa memilih Gili Trawangan, Lombok, sebagai destinasi wisata untuk merayakan malam tahun baru bersama pasangan, sahabat, atau keluarga.

    Terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Gili Trawangan merupakan salah satu pulau yang menjadi favorit wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasirnya yang putih dan halus, pantainya yang indah, suasana yang bebas polusi, serta ombaknya yang menderu, adalah pesona utama yang dimiliki Gili Trawangan yang mampu memikat para wisatawan.

    Tak hanya sekadar menjadi destinasi wisata, berbagai event atau pesta yang meriah pun kerap kali diadakan di Gili Trawangan. Salah satunya adalah pesta malam pergantian tahun. Dipastikan, saat pesta diselenggarakan, para wisatawan termasuk penduduk setempat akan memenuhi dan tumpah ruah di Gili Trawangan.

    Nah, apa saja sih hal-hal yang menarik dari perayaan malam pergantian tahun di Gili Trawangan? Ini dia!

    1. Pesta pantai yang meriah dan anti mainstream di ‘Party Island’

    Dengan luas sekitar 340 Ha, Gili Trawangan dan pulau-pulau terluar di sekitarnya dikenal dengan julukan ‘Party Island’. Pulau ini hampir sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh kafe, restoran, hingga hotel dan berbagai penginapan.

    Saat malam pergantian tahun, Gili Trawangan tak pernah ketinggalan untuk merayakan pesta. Pesta ini diadakan di pinggir pantai yang dilengkapi dengan variasi acara pesta dari berbagai kelab malam yang ada di sekitar Gili. Sensasi yang berbeda pasti bisa Anda rasakan ketika merayakan malam pergantian tahun di Gili. Berdansa atau berjoget di atas pasir putih yang halus, diiringi semilir angin dan ombak laut, tak lupa juga iringan musik yang meriah. Anti mainstream!

    2. Pertunjukan fire dance dan kembang api yang memukau

    Tak hanya sekadar berjoget dan berpesta, ada juga pertunjukan fire dance yang menegangkan, lho! Fire dance atau tarian api ini dilakukan oleh para penari profesional yang telah terlatih. Pertunjukan fire dance biasanya diselenggarakan di bibir pantai Gili Trawangan. Bersiaplah untuk menyaksikan para penari melakukan atraksi spesial dengan menggunakan api!

    Tak lengkap rasanya melewati malam pergantian tahun tanpa menyalakan kembang api. Tak perlu khawatir, sekitar pukul 00.00 WITA, kemeriahan pesta kembang api akan menghiasi langit Gili Trawangan dan memikat mata siapa saja yang melihatnya.

    3. Pesona sunrise dan sunset yang indah

    Ada dua sisi Gili Trawangan yang dapat Anda nikmati yaitu sisi barat dan sisi timur pulau. Bagi Anda yang menyukai keramaian, Anda bisa menetap di sisi barat pulau yang lebih banyak terdapat kelab dan kafe. Sementara Anda yang tidak begitu menyukai keramaian, setelah pesta pergantian tahun selesai, Anda bisa melipir ke bagian timur pulau.

    Pasalnya, di bagian timur pulau, Anda bisa menyaksikan sunrise yang indah pada pagi harinya. Sementara itu, di bagian barat pulau, adalah tempat yang bagus untuk menyaksikan keindahan panorama sunset.

    Bagian timur pulau cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan merenung untuk memikirkan resolusi tahun baru Anda.

    4. Kondisi yang aman dan terkendali

    Kondisi pesta yang padat dan ramai biasanya tak jarang bisa menimbulkan kekacauan atau bahkan muncul berbagai tindakan kriminal. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut jika berkunjung ke Gili Trawangan.

    Wilayah Gili Trawangan menganut sistem hukum adat setempat yang ketat dan cukup mengancam. Jika terjadi kejahatan atau tindakan kriminal, dapat dipastikan pelakunya akan dihakimi secara adat oleh warga setempat. Selain diarak warga keliling pulau dan dikalungi papan bertuliskan “I am a thief”, para pelaku kejahatan ini pun akan ‘diusir’ atau tidak diperbolehkan lagi untuk datang ke Gili Trawangan.

    Meskipun kondisinya aman dan terkendali, Anda tetap harus waspada di mana pun Anda berada, ya.

    5. Tiket pesawat ke Lombok cukup terjangkau sekitar Rp500.000

    Anda berasal dari luar Lombok? Tak perlu khawatir masalah harga tiket pesawat yang mahal saat akhir tahun. Anda dapat mengecek situs Reservasi.com untuk mendapatkan tiket pesawat ke Lombok dengan harga terbaik dan murah. Tiket pesawat ke Lombok biasanya berkisar antara Rp400.000 – Rp500.000.

    Tak hanya tiket pesawat, Anda juga bisa memesan hotel di Reservasi.com untuk Anda menginap selama di Gili Trawangan. Sebaiknya, Anda memesan hotel dari jauh-jauh hari karena biasanya 3 minggu sebelum perayaan malam tahun baru, hotel-hotel di sekitar Gili Trawangan sudah full booked.

    Selain itu, diskon akhir tahun sampai dengan Rp 1 Juta dari Reservasi.com juga bisa Anda manfaatkan untuk harga tiket pesawat dan hotel Anda yang semakin murah.