• Kamu yang Udah Pacaran Lebih Dari 2 Tahun Perlu Lakukan 13 Hal Ini Supaya Hubunganmu Bisa Awet



    Tahukah kamu apa yang membuat suatu hubungan itu awet seperti Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia? Bukan karena mereka telah berhasil menemukan seseorang yang pas di hati, tapi karena mereka sama-sama berusaha dalam hubungan itu. Baik Glenn maupun Chelsea mengakui, tidak ada rahasia dalam menjalin hubungan yang awet itu. Namun kebiasaan-kebiasaan seperti ini bisa membuat hubunganmu awet.


    1. Mereka menerima kebiasaan 'aneh' masing-masing pasangannya.


    Jika kamu menjalin hubungan dengan seseorang, tentu masing-masing dari kalian akan membawa kebiasaan aneh kalian sendiri. Jangan jadikan hal ini sebagai halangan, sebaliknya terimalah kebiasaan 'aneh' pasanganmu itu. Percaya nggak percaya, dengan mau menerima kondisi pasangan masing-masing itu bisa menjadikan hubunganmu lancar sampai kalian tua nanti lho!

    2. Pasangan yang awet itu tidak akan membiarkan dirinya sendiri tidur dalam keadaan marah dengan pasangannya.

    Ada pepatah tua yang mengatakan, "marah cukup sampai matahari terbenam saja". Hal ini tentu mengajarkan kita, jika kamu mau meninggalkan masalah dalam keadaan marah itu tidak akan menyelesaikan masalahmu. Lebih baik masalah itu dibicarakan dengan pasanganmu sampai selesai dan jangan pernah meninggalkan dendam dengan pasangan.

    3. Mereka tetap berjalan sambil bergandengan tangan.


    Percaya nggak kalau berjalan sambil bergandengan tangan itu membuat hubunganmu lebih bahagia. Pasangan yang bergandengan tangan itu merasa kalau hubungan mereka lebih nyaman dan mereka lebih bahagia daripada mereka yang jarang bergandengan tangan.

    4. Ingatlah pada hal-hal menyenangkan yang dilakukan oleh pasanganmu, bukan hal-hal yang buruk.


    Tidak bisa dihindari, dalam berhubungan pasti ada kalanya pertengkaran itu terjadi. Tapi jika ingin hubunganmu awet, kamu jangan mengingat penyebab pertengkaran itu. Ingatlah pada hal-hal menyenangkan bersama pasanganmu. Bersikap dan berpikir positif mengenai pasanganmu jauh lebih ringan daripada berpikir yang negatif.

    5. Selalu ucapkan 'selamat pagi', 'mimpi indah ya' dan 'I love you' setiap harinya.



    Mudah bukan sebenarnya? Tapi nggak banyak lho pasangan yang melakukannya. Sekilas kata-kata ini terlihat simpel, tapi efeknya besar sekali. Percaya nggak percaya, dengan kamu mengucapkan kalimat ini setiap harinya, kamu menambah semangat pasanganmu untuk menjalani hari dengan bahagia dan tidur pun bisa nyenyak.

    6. Mereka juga merayakan setiap prestasi yang diraih pasangannya.


    Siapa yang tidak mau dihargai dan dikenal karena jasanya, meski itu jasa sekecil apapun. Perlu kamu ingat, bahwa kalau sudah berhubungan itu artinya kamu menjadi satu tim. Supaya 'timmu' itu solid, tentu kamu perlu merayakan apa yang sudah diraih oleh pasanganmu. Entah itu hanya makan bersama, menelepon untuk mengucapkan selamat dan pujian, atau mungkin memberikan hadiah. Apapun bentuknya bila dirayakan bersama tentu ada makna tersendiri.

    7. Daripada mengucapkan 'aku minta maaf atas kesalahanku', pasangan yang awet itu selalu mengucapkan 'terima kasih kamu sudah hadir di hidupku'.

    Pasangan yang bisa dibilang sukses berhubungan itu ketika mereka berhasil mengubah sesuatu yang negatif menjadi positif. Itu artinya, mereka sukses mengubah pertengkaran menjadi suatu berkah. Daripada kamu menunjuk jeleknya pasanganmu itu, ingatlah kamu juga punya jelek tersendiri. Kehadiran pasanganmu itu seharusnya bisa menutupi kejelekanmu dan kamu harusnya bersyukur mereka sudah hadir dalam hidupmu.

    8. Mereka tidak pernah lupa untuk melakukan small things yang bermakna bagi pasangannya.


    Setiap pasangan pasti mempunyai small things yang berbeda. Entah itu hanya sekadar menyemangati pasangannya, mendengarkan dia ketika ada masalah atau membantu pekerjaan rumahnya ketika pasanganmu masih ada urusan. Hal kecil-kecil ini mungkin terlihat sepele di mata orang lain. Tapi di mata pasanganmu, jasamu itu terlihat begitu besar dan terasa nyata cintanya padamu.

    9. Daripada berhubungan dengan model give and take, lebih baik berhubungan dengan model give and give.

    Kalau sudah namanya mau pacaran yang awet dan jangka panjang, kamu tidak boleh sekalipun menerapkan prinsip give and take. Hal ini bisa menjadikan beban pikiran tersendiri bagimu. Jadi tidak perlu menunggu pasanganmu membalas ketika kamu memberi dia sesuatu. Percayalah jika sudah pada saatnya, dia akan membalasmu jauh lebih 1000 kali lipat dari yang kamu dambakan.

    10. Pasangan yang awet itu masih terus menyimpan rasa humor mereka, meski sepintas itu terlihat seperti rasa humor yang jayus.

    Ketika hubungan sudah di ambang kebosanan, rasa humor ini bisa menolong kamu dan pasanganmu. Memiliki rasa humor ini tentu akan membuatmu mengingat, kenapa kamu bersama pasanganmu ini. Percayalah, pasangan yang sehat dan bahagia itu pasangan yang bisa tertawa baik diatas kepintaran maupun kebodohan mereka masing-masing.

    11. Mereka peka akan perasaan pasangannya masing-masing.


    Jika kamu sudah menjalani hubungan dua tahun lebih, tentu kamu sudah ahli dalam hal ini. Dengan lebih peka akan perasaan pasanganmu, hal ini akan menolongmu untuk mengambil langkah. Jadi kamu bisa tahu, apa yang harus kamu lakukan jika pasanganmu marah, sedih bahkan dalam kondisi bahagia sekalipun.

    12. Tidak menonjolkan kemesraan yang berlebihan, tapi mereka tahu bahwa mereka saling membutuhkan satu sama lain.

    Ada beberapa pasangan yang suka menunjukkan public display of affection (PDA) berlebihan. Sejujurnya, tidak ada yang peduli entah kalian memeluk erat satu sama lain atau bahkan berciuman di depan umum. Tapi pasangan yang awet, mereka tahu mereka saling membutuhkan keberadaan satu sama lain. Dan bersama, mereka saling mendukung untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

    13. Terakhir, pasangan yang awet itu pasangan yang saling percaya satu sama lain.

    Tidak ada namanya hubungan jika tidak didasari oleh kepercayaan. Jika kamu banyak mencurigai pasanganmu, perlu dipertanyakan apakah kamu akan lanjut dalam hubungan ini atau tidak. Ini merupakan dasar dari setiap awal hubungan kalian. Dengan saling percaya 100 persen, kalian akan banyak sekali menekan potensi konflik.



    Apakah kamu termasuk salah satu pasangan yang sudah menjalani hubungan lebih dari dua tahun? Apa yang kamu lakukan untuk mempertahankan hubunganmu itu tetap awet dan bahagia? Yuk bagikan tipsmu itu di kolom komentar.

     "P.S: tips ini bisa bikin hubunganmu awet seperti Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia lho!"

    idntimes.com