• Unik, Namun 6 Fakta Tentang Ka’bah Ini Jarang Terpublikasi




    Baitullah yaitu Ka’bah adalah bangunan sebagai arah kiblat waktu melakukan salat. Beberapa ribu manusia melingkari tempat suci yang terdapat di pusat Masjidil Haram ini tanpa ada henti sepanjang 24 jam. Walau pengetahuan perihal ka’bah telah banyak dipublikasikan, tetapi bangunan berupa kubus di jantung real estate yang paling populer dalam histori umat manusia itu masih tetap penuh dengan misteri.

    Biasanya info yang di sampaikan sampai kini berbentuk beberapa hal besar yang memanglah tercatat dalam Alquran yang di dukung riset. Umpamanya Ka’bah juga sebagai pusat bumi, ka’bah juga sebagai pemancar gelombang magnet terkuat di semesta, serta pegetahuan lain yang fenomenal berkenaan rumah Allah SWT ini.

    Sesungguhnya ada banyak hal yg tidak di ketahui beberapa orang berkenaan kab’ah. Terlebih perihal beberapa hal kecil yang bikin bangunan makin tampak unik. Perjalanan histori ikut mengubah ka’bah sampai pada akhirnya megah seperti saat ini. Banyak hal yang dulu dikerjakan atau berlangsung saat ini hilang bersamaan perubahan serta perubahan kepemimpinan di Mekkah.


    1. Dulu Ka’bah Mempunyai Dua Pintu serta Satu Jendela
    Ka’bah yang ada sekarang ini mempunyai satu pintu dengan tinggi meraih tiga mtr. lebih 18 sentimeter serta lebar 171 sentimeter. Bangunan ini tampak bercahaya lantaran terbuat dari blok emas yang di buat di Arab. Pintu ini adalah hanya satu akses untuk dapat masuk ke ka’bah, tak ada jendela atau pintu lain untuk dapat masuk kesana.

    Tetapi sesungguhnya dulu ka’bah mempunyai kian lebih satu pintu. Bangunan yang ditinggikan mulai sejak masa Nabi Ibrahim ini mempunyai dua pintu serta satu jendela. Tetapi sangatlah minim info berkenaan siapa yang bikin serta hingga kapan bertahan dengan keadaan itu.

    Menurut Profesor di Kampus Umm al-Qura, Ahmed al-Morei, sampai saat ini masih tetap jadi misteri perihal siapa yang bangun pintu itu. Yang pasti Kabah mempunyai dua pintu kurun waktu yang sangatlah lama. Komponen pintu Kabah pertama itu masih tetap disimpan di sebagian museum juga sebagai harta Islam.

    Sesaat pintu yang ada sekarang ini di buat oleh Raja Khalid bin Abdul Aziz. Ia adalah raja yang paling banyak menyumbang untuk pembuatan pintu Kabah yang ke dua ini. Pintu Kabah ini disakralkan oleh satu 1/2 miliar umat muslim di semua dunia. Nyaris semua isi planet ini menghormatinya serta berupaya menjawab misteri pintu itu bila melihatnya.

    2. Dulu Penutup Ka’bah Berwarna Warni
    Seperti yang kita kenali Ka’bah sekarang ini berwarna hitam lantaran ditutupi oleh kain Kiswah hitam dengan pita bertinta emas. Mungkin saja bakal susah untuk kita untuk memikirkan warna lain pada ka’bah. Tetapi nyatanya pada zaman dulu warna rumah Allah SWT ini tak terus-terusan hitam seperti saat ini. Ka’bah pernah ditutupi dengan Kiswah sebagian warna termasuk juga hijau, merah serta bahkan juga putih. Disamping itu kebiasaan pemakaikan kiswah berwarna hitam yaitu mulai sejak zaman dinasti Abbasiyah serta bertahan sampai sekarang ini.

    3. Kunci Ka'bah Dipegang Satu Keluarga
    Nyatanya, kunci ka’bah mulai sejak zaman Nabi Muhammad sampai sekarang ini cuma dipegang oleh satu keluarga yaitu keluarga Osman bin Thalhah dari keluarga Bani Shaiba. Keturunan dari keluarga ini telah melindungi kunci Ka’bah sepanjang beratus-ratus tahun. Tepatnya mulai sejak penaklukan Makkah, Nabi Muhammad SAW di beri kunci Ka’bah. Tetapi beliau malah mempercayakannya pada keluarga Osman bin Thalhah dari keluarga Bani Shaiba ini. Khalifah, Sultan atau Raja, orang yang paling kuat didunia, seluruhnya mesti tunduk pada sabda Nabi serta meminta izin dari keluarga Makkah kecil ini saat sebelum mereka bisa masuk Ka’bah.

    “Ambillah, Bani Thalhah, selama-lamanya hingga hari kiamat, serta akan tidak di ambil dari Anda terkecuali oleh orang yg tidak adil, tiran yang menindas. ”

    4. Dalam Ka’bah Diisi Plakat Kembali kenang Penguasa yang Merenovasi
    Sepanjang bertahun-tahun banyak yang bertanya-tanya apa yang ada didalam Ka’bah. Memercayakan narasi penghubung orang ke-2 atau ketiga dari mereka yang cukup mujur dapat masuk Ka’bah, tentu kurang memuaskan. Lalu salah satu orang yang mujur masuk, mengambil gambar dalam Ka’bah dengan kamera hp. Dengan rekaman itu jutaan manusia sudah lihat lewat video on-line yang jelek mutunya.

    Sisi dalam Ka’bah saat ini dilapis marmer serta kain hijau menutupi dinding sisi atas. Di dinding ada plakat yang setiapnya memperingati renovasi atau pembangunan kembali Baitullah (Rumah Allah) itu oleh penguasa pada masanya.

    5. Dahulu Terbuka untuk Seluruhnya Orang
    Sekarang ini pasti bakal sangatlah sulit untuk dapat masuk ke ka’bah lantaran banyak peziarah yang datang kesana. Cuma kelompok spesifik saja yang dapat masuk kesana untuk tamu-tamu yang spesial saja. Tetapi nyatanya dulu Ka’bah bisa dimasuki siapapun serta di buka 2 x dalam sepekan serta beberapa orang juga dapat shalat didalam Ka’bah.

    6. Nyatanya Ada Dua Ka’bah
    Nyatanya ada dua ka’bah yang dipercayai oleh agama Islam. Sesungguhnya, ka’bah yang ada di mekah adalah tiruan ka’bah yang ada di langit. Seperti dijelaskan dalam suatu hadist, bahwa ka’bah di langit bernama Baitul Makmur, posisinya sejajar dengan Ka’bah yang ada dibumi. Hal semacam ini dijelaskan didalam Nabi.

    Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda menceritakan perihal perjalanan Isra’ serta Mi’rajnya ketika melalui langit ke tujuh : “Kemudian saya diangkat menuju Baitul Makmur, padanya masuk (datang) sehari-hari 70. 000 malaikat yg tidak bakal kembali pada. ”

    Ibnu Katsir menyampaikan, “Mereka melaksanakan ibadah serta bertawaf seperti masyarakat bumi tawaf di Ka’bah mereka. Demikian pula Baitul Makmur, ia yaitu Ka’bah masyarakat langit ketujuh. Oleh karenanya, dijumpai Nabi Ibrahim Al-Khalil alihisshalatu wassalam menumpukan tubuhnya pada Baitul Makmur lantaran ia sudah bangun Ka’bah di bumi.