• Yang Terkena INSOMNIA WAjib Baca - Kalau Ke Pasar Jangan Lupa Beli Buah Pala

    Kesulitan untuk tidur nyenyak sewaktu malam pastilah sangat menyiksa.bagaimana mengatasi kondisi tersebut ? ternyata tidaklah sulit.buah pala salah satu rempah yang ada di dapur , dapat membantu anda tertidur pulas sepanjang malam.

    Selain memberikan gizi yang baik bagi tubuh , minuman yang diramu dari bumbu dapur juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan jiwa.jiwa menjadi tenang,ketegangan dan stres berkurang,lebih berkonsentrasi , serta meningkatkan daya ingat.rempah-rempah seperti pala,kayu manis,jahe dan kapulaga merupakan beberapa bumbu dapur yang dapat digunakan.bahan-bahan ini dalam minuman tidak hanya menambah aroma,tetapi juga mampu membangkitkan gairah dan semangat.rempah-rempah ini banyak dipakai dalam ilmu pengobatan kuno dari india,ayurveda.

    Siapa yang tidak mengenal buah pala ? pala merupakan salah satu tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat.selain sebagai bumbu masakan,buah pala juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.buah pala yang telah mendunia sejak ratusan tahun silam ini telah lama diyakini mampu mengatasi sulit tidur ( Insomnia ).Orang eropa memanfaatkan buah ini sebagai bahan campuran minuman penghangat badan,jadi,tidak heran jika daerah tempat tumbuh pala ini selalu diperebutkan oleh penjajah waktu itu.

    Maluku dan Banda merupakan tempat tumbuh buah " sejuta khasiat " ini. kemudian pala menyebar ke pulau jawa , sumatera , dan beberapa pulau di indonesia lainya.bahkan tanaman bernama Gosora di suatu daerah ini telah di budidayakan sebagai suatu komoditi pertanian yang potensial.

    Mengenal Tanaman pala


    Pala bernama latin Myristica fragrans houtt. tanaman ini masuk dalam kelompok famili Myristicaceae. pala akan tumbuh dengan baik jika ditanam di tempat terbuka.Pohonya akan menjadi rindang dan tingginya dapat mencapai 15-18 meter.Tajuknya berbentuk kerucut dengan cabang mendatar.

    Daun pala berwarna hijau mengkilap dan panjangnya antara 10 - 15 cm.sedangkan tangkai daun,panjangnya sekitar 1-1,5cm.

    Buah pala berbentuk bulat,kulitnya berwarna kuning,baik ketika masih muda maupun yang sudah tua.jika buah sudah tua , dengan sendirinya buah pala akan terbelah menjadi dua bagian.pembelahan terjadi pada alur buah.

    Daging buah pala cukup tebal.warnanya putih kekuning-kuningan , rasanya asam dan agak seppet.biji tanaman bentuknya bulat agak lonjong.tempurung biji berwarna cokelat tua atau cokelat kehitam-hitaman dan mengkilap.antara tempurung dan daging buah terdapat bagian yang bernama fuli. Orang jawa kerap menyebutnya kembang pala.

    Nah berikut manfaat buah pala yang bisa anda ketahui :


    Penghilang sakit

    Khasiat-khasiat yang dimiliki oleh suatu tanaman tidak lepas dari peran senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya.demikian juga halnya dengan pala ini.Tanaman asli maluku dan Banda ini kaya sekali minyak atsiri,pada buah,biji,daun,dan kulit batang terdapat minyak yang mudah menguap,buah biji,dan daun juga mengandung saponin,polifenol,dan flavonoid.

    Buah pala terutama bijinya juga mengandung senyawa miristisin. senyawa ini dapat memabukan jika di konsumsi berlebihan.di eropa , miristisin ini pada mulanya akan dimanfaatkan sebagai penghilang rasa sakit ( analgesik ).Namun rencana itu dibatalkan karena dianggap memiliki efek samping.diantaranya pusing kepala ,mual-mual, dan kehilangan keseimbangan.

    Beberapa efek merugikan tersebut sebenarnya disebabkan adanya kandungan elemisin dalam biji pala. Elemisin tersebut bersama-sama dengan miristisin didalam tubuh manusia akan di ubah menjadi suatu senyawa yang mirip meskalin dan amfetamin.kedua senyawa baru inilah yang menimbulkan efek pusing,mual-mual dan sebagainya.jika di konsumsi dalam jumlah banyak senyawa ini akan membius.


    Menyembuhkan Insomnia

    Menurut Dr.setiawan dalimartha seorang ahli tanaman obat dalam sebuah majalah kesehatan mengatakan bahwa buah pala ( Myristica fragrans houtt ).Memang dapat mengatasi sulit tidur ( Insomnia ) serta cukup aman.Dokter ini menjelaskan bahwa bagian yang di gunakan dalam mengatasi penyakit ini yaitu bagian daging buahnya saja.

    Menurut tim ahli sebuah majalah kesehatan tersebut menyebutkan bahwa elemisin dan miritisin yang memabukan banyak terdapat pada bijinya.sedangkan pada daging buahnya hanya sedikit.jadi mengasup kedua senyawa ini dalam jumlah kecil akan memberikan khasiat yang menguntungkan bagi kesehatan.

    Selain sebagai bumbu masakan,pala juga membawa manfaat bagi kesehatan,orang jawa sering menggunakan buah tanaman ini untuk menyembuhkan sakit kepala.sebagian masyarakat juga menggunakan buahnya sebagai obat kuat.peredaran darah akan menjadi lancar dengan memakan buah pala ini.wanita Banda kerap menggunakan buah pala ini untuk menyembuhkan anaknya yang pingsan atau kejang-kejang.

    Sedang dalam Catalogus van de brussels tentoonstelling 1910 terdapat penjelasan tentang pala jantan.Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa pala jantan digunakan sebagai obat buang air besar berdarah dan sebagai aprodisiak ( obat kuat laki-laki ). Namun diperkirakan dalam pengobatan jawa saat ini,penggunaan pala jantan sudah digantikan dengan pala Myristica fragrans houtt yang umum kita lihat.

    Beberapa Resep Pengobatan dengan Pala


    Menghilangkan nyeri , perut mulas karena masuk angin :

    Ambil setengah sendok teh pala parutan,direbus bersama 1 buah cengkeh,setengah jari kunyit , 7 butir ketumbar , dan 1 gelas air , sampai airnya tinggal separuh , Sari rebusan ini kemudian diminum setelah suhunya menjadi suam-suam kuku.Cukup minum dua kali sehari.

    Menghilangkan sulit tidur ( Insomnia ) :

    Petik 1 buah pala lalu cuci bersih dan ambil daging buahnya saja , lalu ditumbuk halus , setelah halus , seduh dengan 1 gelas air panas , tambahkan 1 sendok makan madu murni.Ramuan diminum hangat-hangat , 2 kali sehari ( siang dan malam hari ) atau minimal 2 jam menjelang tidur.

    Darah kurang lancar

    Sediakan separuh biji pala ( kering ) , lalu seduh dengan air mendidih hingga satu gelas. setelah dingin diminum.kemudian bakar pisang setengah masak,lalu makan sesaat setelah minum seduhan biji pala.

    Sesak di lambung

    Ambil satu keping fuli ( kembang pala ) yang sudah dikeringkan.lalu rebus atau diseduh dengan air panas hingga satu gelas,kemudian diminum seperti halnya minuman teh.


    Demikian info kesehatan mengenai Manfaat buah pala untuk menyembuhkan insomnia , semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian yang membaca.bantu share artikel ini di situs jejaring anda agar rekan-rekan kita juga dapat mengetahuinya dan memanfaatkanya sebagai obat herbal.