• Shalat dan "Melayani Suami" Wajib Jika Darah Nifas Berhenti Sebelum Hari Ke 40

    Seringkali terjadi kebingungan di tengah para ibu mengenai berapa lama masa nifas yang sesungguhnya. Terkadang di antara mereka meyakini bahwa nifas itu harus 40 hari, sehingga meski darah telah benar-benar berhenti sebelum itu, mereka tetap saja belum mandi besar dan sholat, menunggu sampai hari ke 40. Padahal sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan oleh para wanita agar mereka lebih cepat tuntas dari nifas. 
    Banyak juga diantara mereka yang inginlekas selesai sebelum hari ke 40 dengan rajin berolahraga, meminum ramuan herbal atau yang lainnya, sehingga tidak sampai hari ke 40 mereka telah selesai dari nifas. Maka dari itu, tidak sedikit di antara mereka yang tidak yakin bahwa nifas itu harus 40 hari. Paling tidak merasa bingung dan bertanya, apakah ia harus mandi dan sholat kembali ? Jawabnya YA, jika darah nifas telah berhenti meski sebelum hari ke 40, maka ia sudah wajib mandi besar dan melaksanakan sholat. 
    Jika terjadi di bulan Ramadhan, maka ia juga harus berpuasa. Diperbolehkan bagi suaminya untuk melakukan hubungan kembali, sebab dalam kondisi seperti ini ia sudah kembali suci da tidak ada sama sekali hal yang menghalanginya untuk berpuasa , sholat, ataupun berhubungan badan dengan suami.
    Semoga bermanfaat.