• PUASA ARAFAH PENGHAPUS DOSA 2 TAHUN


    PUASA ARAFAH PENGHAPUS DOSA 2 TAHUN

    Insya Allah besok (Rabu, 23 September 2015) bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah, sebuah hari yang mulia saat di mana datang pengampunan dosa dan pembebasan diri dari siksa neraka. Pada hari tersebut disyari’atkan amalan yang mulia yaitu puasa.

    Puasa Arafah adalah amalan yang disunnahkan bagi orang yang tidak berhaji. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

    Mengenai pengampunan dosa dari puasa Arafah, para ulama berselisih pendapat. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah dosa kecil. Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Jika bukan dosa kecil yang diampuni, moga dosa besar yang diperingan. Jika tidak, moga ditinggikan derajat.” (Syarh Shahih Muslim, 8: 51) Sedangkan jika melihat dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah, bukan hanya dosa kecil yang diampuni, dosa besar bisa terampuni karena hadits di atas sifatnya umum. (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 7: 498-500).

    Mari kita sampaikan risalah ini pada keluarga, saudara & kerabat kita yang lain, itu lebih baik. Biar kita dapat pahala, juga dapat pahala karena telah mengajak orang lain berbuat baik. “Demi Allah, sungguh satu orang saja diberi petunjuk (oleh Allah) melalui perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah (harta amat berharga di masa silam, pen).” (Muttafaqun ‘alaih). “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim)

    Pahala & Manfaat Menjalankan Puasa tarwiyah & Arafah Sambut hari Kurban. Menjelang perayaan hari idul adha 2015, seluruh umat muslim sebagian besar akan menjalankan puasa arafah dan tarwiyah. Karena ketika disadari bahwa banyak pahala menjalankan puasa arafah dan tarwiyah tersebut. Oleh karena itu bagi anda yang belum sadar dan berniat untuk menjalankan puasa ini, belum ada ketahui terlebih dahulu manfaat puasa arafah dan tarwiyah ini bagi kehidupan anda pribadi.

    Banyak berkat dan pahala ketika menjalankan puasa arafah tersebut. Karena seluruh umat islam di dunia yang menjalankan puasa arafah tersebut salah satu manfaat yang akan didapatkannya adalah telah dihapuskannya dosanya selama 1 tahun sebelumnya maupun satu tahun sesudahnya.

    Terdapat pahala yang sangat meberguna bagi umat islam yang menjalankan Puasa sunah Tarwiyah dan Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah sebelum tanggal 10 Dzulhijjah (Idul Adha). Di antara keutamaannya :
    1. Manfaat Puasa Tarwiyah dapat menghapus dosa satu tahun yang telah terlewati.
    2. Manfaat puasa hari ‘Arafah dapat menghapus dosa dua tahun (1 tahun lalu dan 1 tahun yang akan datang).

    Oleh karena itu setiap anda yang berniat untuk menjalankan puasa arafah dan tarwiyah ini jangan lupa juga bisa dan mengetahui isi doa puasa arafah dan tarwiyah tersebut. Karena didalamnya terdapat makna yang sangat dalam yang bisa anda katakan dalam doa.

    Selamat menjalankan ibadah puasa arafah tersebut dan dapatkan pahala serta manfaat ketika anda lancar menjalankan ibadah puasa menjelang hari kurban ini.