• Penting Banget Nich - Tips Menghindari Bahaya Pembalut Wanita Mengandung Klorin

    1. Pembalut Kain


    Untuk menghindari bahaya pembalut wanita mengandung klorin, Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi, menyarankan agar masyarakat mulai kembali menggunakan pembalut kain.
    "Zat klorin tidak ditemukan dalam pembalut kain. Selain itu, pembalut kain juga bisa dipakai ulang dan dicuci kembali. Tingkat keamanannya jangka panjang," ujar Tulus dalam jumpa pers di Kantor YLKI, Jakarta, Selasa (7/7).
    Selain itu, pembalut kain juga ramah lingkungan karena tidak menyebabkan pencemaran. "Salah satu pencemar tertinggi di Indonesia adalah pembalut. Dalam satu bulan saja ada 1,4 miliar sampah pembalut. Pembalut kain tentu tidak menyebabkan pencemaran karena dapat dipakai ulang," kata Tulus.
    Namun, menurut Tulus, masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan pembalut kain. "Ada yang takut tembus, ya bisa pakai yang dobel. Asal dicuci bersih pasti tidak akan ada iritasi," ucap Tulus.
    Menurut Tulus, keluhan iritasi justru lebih banyak dilontarkan oleh konsumen produk pembalut kapas yang banyak beredar di pasaran. YLKI pun menggagas sebuah penelitian akibat banyaknya laporan tersebut.
    2. Mooncup, Menstrual Cup
    The Mooncup - dikenal di Amerika Serikat sebagai MCUK - adalah cangkir menstruasi silikon yang dirancang oleh perempuan sebagai alternatif dari tampon dan pembalut yang nyaman, aman dan ramah lingkungan.
    Mooncup adalah salah satu brand dari Menstrual Cup, alternatif dari pembalut wanita yang berbentuk seperti lonceng bel terbalik berukuran 5 sentimeter, terbuat dari karet silikon yang lembut. Cara pemakaiannya: Mooncup dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung cairan menstruasi.
    Cara menggunakan mooncup
    Cara menggunakan Mooncup
    Berikut adalah keuntungan menggunakan mooncup:
    Aman
    Terbuat dari silikon lembut standar medis, Mooncup bebas lateks dan tidak mengandung pewarna, BPA, racun atau pemutih. Sehingga bagus untuk wanita dengan kulit sensitif.
    Lebih murah
    Anda hanya perlu satu Mooncup tidak perlu pengganti dan dapat digunakan selama bertahun-tahun. Ini menjadikan mooncup produk saniter yang paling ekonomis yang anda dapat membeli.
    Greener
    Seorang wanita rata-rata menggunakan lebih dari 11.000 tampon atau pembalut dalam hidup mereka. Tampon dan pembalut bekas tersebut akan berakhir menjadi limbah di TPA atau di laut.
    Untuk membeli produk ini dapat mengunjugi toko online Mooncup.
    3. Pembalut Organik
    Tidak semua orang mau dan mampu menggunakan 2 jenis alternatif pembalut diatas. Jika Anda ingin tetap dengan menggunakan tampon tradisional dan pembalut tradisional, setidaknya pilihlah yang alami dan/atau organik. Produk seperti ini sekarang sudah lebih banyak tersedia dan beberapa harganya sama atau serupa dengan yang reguler.