• Makan Sambil Berjalan Sebabkan Berat Badan Naik ( Penelitian )

    Makan saat sedang berjalan akan membuat tubuh lebih gemuk. Peneliti mengatakan, mereka yang makan sambil berjalan cenderung makan lebih banyak, terlebih bagi mereka yang sedang diet.
    Studi yang dilakukan University of Surrey itu menemukan, bahwa makan sembari berjalan cenderung memicu untuk makan lebih banyak. Dalam penelitiannya, para peneliti membagi 60 perempuan dalam beberapa kelompok.
    Kelompok pertama, diinstruksikan untuk memakan sereal sembari bercengkerama di sebuah bar. Kelompok kedua, makan sambil menyaksikan potongan serial komedi, Friends. Adapun kelompok ketiga, makan sambil berjalan di sebuah koridor.
    Setelah percobaan, para peserta menjawab kuesioner tindak lanjut dan uji rasa dengan empat mangkuk makanan ringan yang berbeda: cokelat, wortel, anggur, dan keripik. Setelah mereka meninggalkan ruangan, pengukuran pun dimulai.
    Hasilnya; mereka yang makan sambil berjalan menghabiskan makanan ringan lebih banyak. Yang membuat para peneliti kaget, mereka makan cokelat lima kali lebih banyak.
    “Makan sambil berjalan membuat pelaku diet makan lebih banyak,” terang Prof. Jane Ogden kepada Journal of Health. “Ini mungkin berjalan adalah bentuk terkuat dari gangguan yang mengganggu kemampun kita untuk memproses rasa lapar berlebih,” ujarnya.
    Atau mungkin karena berjalan, bahkan untuk beberapa meter saja, dapat dianggap sebagai bentuk latihan yang membenarkan untuk mengonsumsi makanan lebih banyak. “Secara tidak sadar, makan sambil berjalan justru bisa membuat berat badan kita naik.”
    Sumber: kompas.com