• Kisah malaikat jibril membayar hutang seseorang


    Pada suatu waktu Rasullullah saw sedang duduk di pintu masuk Masjid Nabawi di Madinah al-munawarah. tiba-tiba munculah iring-iringan banyak orang yang mengantarkan jenazah menuju masjid untuk di shalatkan. Mereka pun meminta kepada Rasullullah untuk menjadi imam dalam shalat jenazah.

    Sebelum melakukan shalat, Rasullullah pun bertanya pada mereka mengenai hutang si mayit ? "apakah jenazah masi meninggalkan hutang". Kemudian salah seorang menjawab, Ya Rasullullah, jenazah ini memang masi memiliki hutang kepada si fulan sebanyak 4 dirham. sayangnya sebelum meninggal ia tak sempat membayar hutang tersebut. Mendengar hal tersebut Rasullullah saw pun menolak memimpin shalat jenazah dan berkata " silahkan kalian shalatkan jenazah tersebut lalu doakanlah.

    Kedatangan malaikat jibril

    Tiba-tiba Malaikat jibril pun turun atas perintah allah swt untuk menyampaikan kepada Rasullullah saw dan berkata," Ya Rasullullah, allah swt menyampaikan salam atas nabi-nya yang mulia dan memberi perintah agar yang di cintainya mendirikan shalat jenazah untuk jenazah ini. Allah swt menjadikan aku berwujud manusia untuk membayarkan hutang hambanya ini. Silahkan bangkit dan laksanakan shalat jenazah untuknya, karena dia telah mendapatkan ampunan.

    Sebelum melakukan shalat jenazah, Rasullullah saw pun bertanya kepada malaikat jibril," Amal shaleh apakah yang di lakukan oleh jenazah lelaki ini semasa hidupnya sehingga ia mendapatkan keberkahan yang melimpah ini dari allah swt". Dan malikat jibril pun menjawabnya, Ya Rasullullah saw, Setiap harinya lelaki ini selalu membaca surah al-ikhlas seratus kali untuk sang penciptanya. Karena surah al-ikhlas ini melukiskan sifat-sifat allah swt, memahasucikan dan memberi kan pujian kepada allah swt yang maha melindungi alam semesta, sehingga allah berkenan menyantuni hambanya ini demi menjunjung tinggi bacaan surah al-ikhlas yang telah ia lantunkan seratus kali setiap hari itu. Selain mendapatkan ampunan, lelaki inipun di lunasi hutangnya oleh allah swt.

    Dari kisah ini ternyata benar-benar besar ke utamaan surah al-ikhlas. surah ini bukan hanya pemberi syafaat di akhirat, tetapi juga menjadikan sahabat saat di liang kubur, sahabat pula di padang kebangkitan, menjauhkan seseorang dari siksa api neraka, dan bisa menjadikan seseorang memasuki syurganya allah swt yang paling tertinggi, yakni syurga firdaus.

    Demikian info mengenai Kisah malaikat jibril membayar hutang seseorang, semoga dengan membaca artikel ini, kita bisa semakin yakin bahwasanya dengan selalu ingat dengan allah swt setiap harinya dalam bentuk apapun itu kita membaca ayat, insya allah akan tergantikan nantinya setelah kita mati.

    Silahkan bantu share artikel ini, agar rekan kita teringat kembali ayat agung ini, guna memberikan ingatan kepada allah swt setiap harinya. terkadang kita tidak bisa berdakwah melalui lisan, namun kita bisa melakukanya melalui tulisan, dan insya allah sekecil apapun niat kebaikan kita akan terbalaskan. a'min..