• Ini Kronologi Tragedi Lempar Jumrah Mina


    Kejadian kecelakaan di Mina terjadi di jalan menuju tempat lontar jumrah di antara tenda-tenda di Mina. Awal kejadian karena ada sekelompok jamaah yang tiba-tiba berhenti sehingga terjadi penumpukan dan desak desakan.

    "Kejadian terjadi sekitar pukul 7.00 pagi waktu setempat," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Arrmanatha Nasir dalam siaran pers, Kamis (24/9).

    Dia menyebut kalur ini bukan merupakan jalur yang digunakan oleh jamaah asal Indonesia untuk menuju lontar jumrah. Sebagian besar korban adalah jamaah dari Mesir dan Afrika. "Sampai saat ini telah di cek ke rumah sakit Minah dan belum ditemukan WNI jadi Korban," kata dia.

    Konsulat jenderal RI Jeddah dan KUAI Riyadh ada di lokasi dan akan bantu cek ke rumah sakit Mina untuk mengetahui ada tidaknya korban WNI.


    Insiden Lempar Jumrah Mina 2015

    Insiden Lempar Jumrah Mina 2015 Sedikitnya 220 jemaah haji tewas dan sekitar 400 cedera akibat panik massal dan terinjak-injak saat melempar jumrah di Mina. Demikian laporan televisi Al Arabija mengutip keterangan petugas administrasi sipil Arab Saudi. Sejauh ini belum diketahui apa pemicu panik massal tersebut.Jumlah korban tewas dikhawatirkan terus bertambah. Kecelakaan di Mina yang menewaskan ratusan orang berulang kali terjadi akibat panik massal saat berdesakan melempar jumrah. Saksi mata melaporkan aksi pertolongan darurat terus dilancarkan, ambulans terus berdatangan ke lokasi. Stasiun televisi Russia Today melaporkannya dari lokasi:http://netnitnet.blogspot.com/2015/09/insiden-lempar-jumrah-mina-2015-video.html

    Posted by Nitnet Nitnet on 24 September 2015