• Bunda Sista, Yuk Kenali Penyebab Kanker Serviks Yang Mungkin Sepele dan Belum Bunda Tahu

    Kanker Serviks atau leher rahim adalah salah satu pembunuh terbesar bagi kaum wanita. Selain menyebabkan efek yang fatal, penyakit ini juga relatif sulit untuk disembuhkan. Banyak orang mengatakan, pengobatan yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan. Dan faktor utama penyebab kanker rahim diakibatkan dari kesalahan pola hidup. Berbagai macam cara hidup yang tidak sehat menjadi pemicu utama penyebab kanker serviks pada wanita.
    Ini beberapa penyebab utama kanker serviks pada wanita :
    >>Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berlemak
    Konsumsi makanan berlemak akan memicu pertumbuhan hormon estrogen. Rahim yang terlalu banyak terpapar oleh hormon estrogen akan bermutasi, dan berisiko mengalami perubahan menuju kanker serviks.
    >>Merokok
    Semua pakar kesehatan bahwa rokok adalah sumber dari berbagai penyakit berat. Rokok mengandung nikotin yang dapat merangsang selaput lendir dalam sel-sel tubuh untuk bereaksi. Selaput lendir biasanya terdapat pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Jika tengggorokan terkontaminasi oleh nikotin secara terus menerus, tiga organ tersebut akan mudah terkontaminasi.
    >>Menabur Bedak pada Vagina
    Menaburkan bedak pada vagina dapat memicu timbulnya kanker serviks. Hal ini seringkali dilakukan oleh wanita agar daerah intimnya selalu segar sepanjang hari. Namun, butiran bedak akan menempel pada dinding vagina yang mengakibatkan infeksi dinding ovarium.
    >>Pembersih Vagina
    Penggunaan pembersih vagina yang mengandung antiseptik biasanya dilakukan untuk membunuh kuman. Padahal secara alamiah, vagina memiliki kuman yang disebut Basillus Doderlain. Kuman ini akan menghasilkan asam laktat yang berfungsi menjaga kelembaban vagina. Akibatnya, penggunaan antiseptik sejatinya malah sia-sia dan menyebabkan luka pada dinding rahim.