• Beruntungnya Kamu Yang Rutin Minum Air Lemon di Pagi Hari


    Memulai hari dengan air lemon memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar dan itu menjadi praktek Ayurvedic sejak jaman dahulu. Saya memulai kebiasaan ini belum lama hanya beberapa bulan yang lalu tetapi manfaatnya banyak sekali. Yang langsung saya rasakan adalah nafsu makan terkendali dan tidak mudah gampang lapar. Kulit serasa kenyal dan kencang tentu saja mesti dibarengi dengan olahraga.

    Cara menyiapkannya gampang, mudah, dan murah. Iris tipis-tipis lemon. Kalau tidak mempunyai lemon bisa diganti jeruk nipis. Kadang saya menambahkan jeruk buah, irisan ketimun, dan daun mint. Tetapi kalau Anda hanya mempunyai lemon atau jeruk itu juga sudah cukup.

    Masukkan irisan lemon ke dalam air dan simpan selama 24 jam di wadah air yang tertutup rapat. Anda bisa menyiapkannya sore sebelum tidur dan masukkan di kulkas. Kemudian pagi harinya sebelum minum kopi atau sarapan pagi air lemon ini diminum segelas. Ingat air rendaman ini hanya enak diminum selama 24 jam saja karena setelah itu rasanya akan tidak enak dan saya tidak menganjurkannya. Sisa air yang masih tersedia jangan dibuang. Anda bisa memanfaatkaannya untuk membilas rambut, untuk mencuci muka atau memasak sup dan mencampurkannya ke masakan kita. Kadang sisanya saya campur bareng dengan teh hijau untuk teman makan jajanan.


    Air rendaman Lemon , Jeruk , Ketimun dan Daun mint. Ini minuman detox saya setiap bangun pagi .


    Untuk Anda yang sedang berdiet air lemon ini sangat membantu sekali. Berikut beberapa manfaat yang saya baca dari buku, internet, dan herbalist group.

    Membantu Proses Pencernaan

    Air hangat membantu untuk merangsang saluran pencernaan. Lemon diyakini untuk merangsang dan membersihkan hati. Hal ini juga membantu pencernaan asam dan menghilangkan racun tubuh. Anda bisa menghangatkan air rendaman ini sebelum diminum kalau Anda suka.

    Mendukung Fungsi kekebalan Tubuh

    Buah-buahan seperti lemon dan jeruk nipis sangat tinggi kandungan vitamin C dan ascorbic acid (asam askorbat). Vitamin C dapat membantu memerangi pilek dan dan asam askorbat membantu penyerapan zat besi yang berperan sangat penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

    Menyeimbangkan Ph Tubuh

    Jika tubuh kita mempunyai ketidakseimbangan pH kronis sehingga rentan terhadap penyakit. Meskipun jeruk dan lemon nampak sangat asam tetapi buah-buahan ini bersifat sangat-sangat alkalizing karena mereka bisa menyeimbangkan pH kita, terutama jika kita terlalu banyak makan daging, keju atau minum alkohol.

    Membantu Proses Detoksifikasi

    Air lemon adalah diuretik alami, itu berarti membantu tubuh kita membasuh racun dan cairan yang bersama dengannya. Asam sitrat membantu memaksimalkan enzim yang merangsang hati.

    Menambah Energi

    Saya jarang minum kopi di pagi hari kecuali ada kopi luwak di lemari. Banyak orang memulai hari dengan minum kopi tetapi ada baiknya sebelum meminum kopi kita minum air lemon ini dahulu, karena kombinasi air dan lemon yang diris-iris membantu untuk melembapkan dan mengoksidasi darah, ini membuat Anda akan merasa sehat dan badan terasa ringan.

    Menjaga Kulit supaya Tetap Cantik

    Dehidrasi kronis dapat membuat kulit tampak kusam dan kering. Jadi mulailah hari Anda pada pagi hari dengan minum segelas air lemon. Vitamin C memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan antioksidan dapat memerangi faktor penuaan. Kulit sehat, bercahaya, dan menghindari penuaan dini. Tunggu apalagi ayo biasakan kebiasaan sehat ini.
    Sumber : Kompasiana