• 5 Peralatan Sehari-hari yang Membahayakan Kesehatan

    Kita mungkin sering berpikir, apakah peralatan yang kita gunakan sehari-hari menyehatkan. Sebab nyatanya, ada sejumlah bahaya kesehatan tersembunyi di balik beberapa produk
    Sebut saja sabun antibakteri, bila digunakan secara konstan dan teratur ternyata berbahaya. 
    Simak ulasannya, seperti dikutip Boldsky dan beberapa sumber, Selasa (8/9/2015):
    1. Loofah
    Pernah dengar istilah Luffa (Looffah)? Luffa atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama oyong yang dikeringkan seringkali dibuat untuk peralatan mandi. Serat kering berwarna keemasan ini bentuknya bermacam-macam, mulai dari sikat, sandal hingga sponge untuk menggosok tubuh.
    Jika sebelumnya, mungkin Anda mengetahui Luffa berguna untuk mengangkat sel mati. Tapi belum lama ini ahli mikrobiologi dari Universitas Cornell Prof. Esther Angert, Ph.D. mengungkapkan, luffa justru bisa membahayakan Anda.
    "Kulit yang Anda gosok menggunakan Luffa bisa membuat bakteri terjebak dalam semua sudut dan celah dari matriks fibrosa luffa tersebut. Kamar mandi yang cenderung lembap dan tidak banyak sirkulasi udara juga bisa menjadi tempat favorit bakteri berkembang biak," katanya
    2. Cotton bud
    Masih banyak dari kita yang membersihkan telinga dengan cotton bud, atau dikenal dengan korek kuping. Tapi itu adalah asumsi yang salah. Hampir semua dokter mengatakan, alat ini dapat membuat semakin masuknya kotoran ke dalam telinga. Selain itu, alat ini rentan membuat cedera.
    "Pembersihan telinga menggunakan alat-alat seperti cotton bud atau benda tajam itu bisa mendorong kotoran masuk kembali ke saluran telinga Anda dan bisa menyebabkan penyumbatan," kata Ahli Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Maria Suurna, MD.
    Dia menambahkan, kotoran telinga diproduksi tubuh oleh kelenjar sebaceous yang berguna menjaga telinga tetap lembap dan bersih dari sel-sel kulit mati sehingga tidak mengganggu gendang telinga. Artinya, telinga telah dirancang sedemikian rupa untuk mengeluarkan kotoran sendiri tanpa perlu menggunakan pembersih telinga (cotton bud).nggunakan pembersih telinga (cotton bud).
    3. Sabun antibakteri
    Iya, sabun antibakteri atau triclosan yang Anda anggap dapat menangkis kuman atau bakteri, ternyata dapat mengganggu kesehatan.
    Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) hingga kini saja masih meninjau kembali keamanan bahan kimia seperti triclosan yang menurut para ahli dapat mengganggu kadar hormon dan memicu pertumbuhan bakteri yang resistan terhadap obat.
    Para ahli bahkan berspekulasi, paparan Triclosan dapat menyebabkan terjadinya pengembangan bakteri resisten antibiotik. Mereka pun menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun biasa sesering mungkin, ketimbang harus menggunakan sabun antibakteri. Bila mencuci dan menggosok tangan menggunakan sabun biasa dengan benar selama 20 detik, dianggap cukup untuk menjaga kebersihannya.
    4. Blender
    Satu sisi, alat penghancur makanan ini dapat membantu Anda. Namun di sisi lain, bila Anda tidak benar-benar bersih mencucinya, maka sebagian besar kuman yang terjebak di bawah pisau akan mengancam kesehatan Anda. 
    5. Boneka
    Boneka adalah magnet bagi tungau debu. Tungau debu ini memicu alergi alergi terutama bagi mereka yang memiliki asma dan maslaah pernapasan lain.