• Tips Menghilangkan Kebiasaan Misuh

    Tips Menghilangkan Kebiasaan Misuh - Tips menghilangkan umpatan

    1. Sadari bahwa kamu dapat dianggap sebagai orang yang bermasalah.
    Kenyataannya, masyarakat menganggap mereka yang mengumpat adalah orang ‘tidak baik’. Bisa jadi kamu dicap sebagai orang yang kasar.

    2. Perhatikan kebiasaan mengumpat. Bagaimana kamu akan berhenti mengumpat kalau bahkan kamu nggak sadar kalau sedang mengumpat?

    3. Cari tahu alasanmu ingin mengurangi umpatan. Alasan dapat dijadikan pegangan dan motivasi.

    4. Buatlah komitmen dengan dirimu sendiri untuk berhenti mengumpat.Menjadi pengumpat atau bukan, semua tergantung pada dirimu.

    5. Ekspresikan dirimu dengan kosa kata yang lebih luas. Bahasa memiliki jutaan kata dan istilah. Banyak kata dapat mengekspresikan dirimu dengan lebih akurat. Selain itu, orang dengan banyak kosa kata berkesan pintar.

    6. Minta dukungan teman dan keluarga. Teman dan keluarga dapat mengingatkan dirimu saat kelepasan bicara.

    7. Carilah kata pengganti. Carilah padanan kata yang lebih halus dan diterima masyarakat. Akan lebih mudah kalau udah terbiasa menggunakan kata-kata yang lebih halus.

    8. Hukum/hadiahi dirimu sendiri. Buatlah perjanjian dengan dirimu sendiri. Misalnya, sumbangkan Rp1.000 untuk tiap kali kamu mengumpat.

    9. Pahami arti kata yang kamu pakai. Beberapa kata umpatan memiliki arti yang kasar dan sering kali menyinggung. Beberapa malah tidak kasar sama sekali. Hati-hati dengan pilihan kata-katamu.

    10. Jangan menyerah! Kebiasaan tidak akan hilang dalam sehari. Terus berjuang, dan pada akhirnya kamu dapat menjadi orang yang bebas umpatan.