• Misuh!! Tabu tapi Populer Selalu (2)

    Misuh!! Tabu tapi Populer Selalu (2) - MESKI dianggap kasar oleh beberapa remaja, misuh merupakan sesuatu yang umum dilakukan di kalangan remaja sendiri. Mereka yang biasa misuh mengaku bahwa mereka hal itu karena jengkel, marah, atau hanya sekadar iseng. Bahkan, seorang siswa SMA yang tidak mau disebutkan namanya, menganggap misuh itu seru.

    Lain lagi dengan Aditya Bayu Pratama, siswa SMAN 1 Yogyakarta ini mengaku pernah misuh, namun frekuensinya tergantung situasi. “Kalau misal dalam sehari situasinya marmosi (marai emosi/membuat emosi) terus, biasanya frekuensi misuh jadi banyak,” katanya.

    Adit juga berbagai pengalamannya seputar misuh, yang sempat membuatnya dalam masalah. “Pertama kali misuh, seingatku waktu SD, waktu itu tahu kata-kata pisuhan dari teman. Pernah suatu kali, gara-gara pisuhan hubunganku dengan teman jadi terganggu karena dia sakit hati,” kenangnya.

    Cerita Adit mengenai kata-kata pisuhan yang didapat dari teman, diamini oleh Yesa, siswa SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Cowok bernama lengkap Yesaya Dwi Nugroho ini mengungkapkan bahwa pergaulan sehari-harilah yang membuat dia tahu dan hapal kata-kata pisuhan, bahkan hingga variasi-variasinya.

    "Misuh itu menurutku hal yang mengasyikkan, bahkan bisa dibilang seni. Padahal sering sih kena masalah karena misuh-misuh, tapi mending begitu daripada ditahan-tahan, malah ngganjel,” celotehnya. “Misuh itu bisa jadi sesuatu yang wajar, bisa juga tabu... tergantung siapa yang dipisuhi,” lanjut siswa kelas XII IPA ini.

    Di kalangan remaja cowok, kebiasaan misuh tidak selalu berarti meluapkan emosi. Justru kebiasaan misuh lebih identik dengan cara untuk bercanda yang khas antar teman. Tujuannya hanya untuk mengakrabkan suasana, bukan untuk menyakiti orang lain.

    Bahkan, kalau kita nongkrong di angkringan, pisuhan adalah kata-kata yang bisa menipiskan jarak seseorang dengan yang lain dan mengeratkan rasa persaudaraan. Tapi tentunya tidak sembarang orang yang bisa menerima kata pisuhan, maka penggunaannya harus sangat hati-hati dalam pergaulan.