• Ternyata Tumor Ovarium Mulai Tumbuh di Saluran Telur

    Ternyata Tumor Ovarium Mulai Tumbuh di Saluran Telur - Tim peneliti AS berhasil menguak awal mula tumbuhnya sel kanker ovarium atau indung telur. Jika selama ini orang berpendapat tumor ovarium itu mulai tumbuh di indung telur, ternyata tidak demikian.

    Menurut para peneliti, dalam studi baru yang terbit di Proceedings of the National Academy of Sciences, Senin (18/4), tumor itu mulai tumbuh di saluran telur menuju indung telur atau ovarium. Temuan ini dapat memberikan petunjuk mengani bagaimana cara untuk melawan kanker ovarium, yang kerap kali tanpa menimbulkan gejala tapi ketika didiagnosis sudah menjalar ke mana-mana sehingga tak mungkin lagi dihentikan.

    Kanker ovarium merupakan kanker pembunuh kelima terkejam bagi wanita, yang menyerang sekitar 200.000 orang di seluruh dunia setiap tahun dan membunuh rata-rata 115.000 wanita per tahun.

    Sejumlah studi sebelumnya memang sudah berteori bahwa kanker ovarium ini berasal dari tempat lain, namun penelitian terbaru yang digalang para peneliti dari Dana-Farber Cancer Institute di Boston ini menunjukkan bagaimana kanker ini berakar pertama kali di jaringan saluran telur.

    Saluran telur merupakan jalan bagi telur dari indung telur menuju rahim, sebagai bagian dari siklus reproduksi wanita.