• Resep Herbal dan Manfaat Daun Gendola

    Resep Herbal dan Manfaat Daun GondolaResep Herbal dan Manfaat Daun Gondola -Gendola bernama latin basella rubra. Dikenal juga dengan nama gandola, gendola, lembayung, genjerot, gedrek, atau uci-uci.
    Gendola bersifat menghilangkan panas dalam, menghilangkan racun, dan mengeluarkan organisme penyebab penyakit dari dalam darah. Pada bagian daun dari gendola sangat kaya akan glucan C, carotene, organic acid, mucopolysacharida (seperti l-arabinose, d-galactose, l-rhammose), aldonic acid, saponin, vitamin A, B, dan C.

    Inilah Manfaat Daun Gendola Diantarnya Sebagai Berikut :

    Radang Usus Buntu

    Tanaman gendola lengkap (akar, batang, bunga, dan daun) dengan berat antara 60-70 gram, rebus dengan air seukuran semua bagian tanaman bisa terendam semua, biarkan sampai air tersisa setengahnya. Dinginkan kemudian minum.

    Influenza

    15 gram daun segar gendola, rebus dengan 2 gelas air sampai air tersisa 1 gelas, kemudian saring dan tambahkan sedikit garam. Minumlah racikan tersebut.

    Sembelit

    Daun segar gendola dimasak, kemudian dimakan.

    Kencing Sedikit Atau Anyang-Anyangan

    Daun segar gendola 70 gram direbus, setelah dingin diminum seperti minum air teh.

    Berak Darah

    25 gram tanaman gendola lengkap, ditambah 35 gram kapulaga, ditambah 1 ekor ayam betina tua yang sudah dibuang kepala, kaki, dan jeroannya, dimasak dengan air secukupnya, kemudian dimakan.