• Tips Sukses Membangun Bisnis Crowdffunding

    Tips Sukses Membangun Bisnis Crowdffunding - Jika kita ingin memiliki cerita sukses mendominasi dan mendapatkan pendanaan penuh dalam crowdfunding, contohlah apa yang dilakukan Web Smith dan Kevin Lavelle dari Mizze+Main, perusahaan garmen yang melengkapi pakaian pria buatannya dengan teknologi anti keringat dan anti kusut.

    Sejak kampanye mereka diluncurkan di Kickstarter pada 5 Febuari, startup ini telah mendapatkan hampir 100% pendanaan. Bagaimana cara mereka melakukannya? Berikut beberapa strategi sukses pendanaan crowdfunding yang patut kita praktikkan.

    Membangun merek yang solid. Bangunlah merek yang solid lebih dulu sebelum muncul pertama kali dalam ajang crowdfunding. Faktanya hanya 0,001% proyek crowdfunding yang belum memiliki merek sebelumnya. Jika kita ingin peluang sukses yang lebih besar dalam pendanaan ini, bangunlah merek yang solid dulu, seperti yang dilakukan oleh Mizze+Mein.

    Sebelum berkampanye mereka telah memiliki logo yang bagus, website yang mudah dinavigasi, menjual produk dan menerima masukan dari pelanggannya, aktif di media sosial serta membangun basis pelanggan.

    Bangun basis pelanggan. Mungkin cara ini terdengar counterintuitive. Kita mungkin berpikir menggunakan situs crowdfunding untuk membangun basis pelanggan pertama. Padahal pemikiran seperti itu tak tepat.

    Bahkan Kickstarter menuliskan dalam FAQ situsnya bahwa umumnya pendanaan berasal dari penggemar dan teman. Jadi, jika ingin berpeluang sukses, bangunlah basis pelanggan dulu dan gunakan situs crowdfunding sebagai alat pemasaran.

    Bangun hubungan. Membangun hubungan atau gaul dengan banyak orang sangat penting karena dari orang-orang yang berhubungan baik dan mengenal kita, bisnis bisa berkembang dan mendapat dukungan.

    Target pendanaan yang realistis. Ini adalah bagian yang penting dalam crowdfunding. Terlalu sering orang-orang memulai kampanye di Kickstarter dengan target pendanaan terlalu besar, misalnya US$ 10.000, US$ 40.000 atau US$ 100.000.

    Kickstarter mengatakan bahwa dari 55,8% proyek yang sukses didanai, sebesar 48.95% nya mendapatkan dana sebesar US$ 19.999 atau kurang dan 41,48%-nya mendapatkan pendanaan US$ 9.999 atau kurang. Itu berarti jika target pendanaan melebihi US$ 10.000 maka peluang medapatkan pendanaan penuh sangat kecil.

    Tawarkan produk yang hebat. Apapun produk yang kita tawarkan di crowdfunding, pastikan produk tersebut adalah sesuatu yang keren dan memecahkan masalah.

    Luangkan waktu atau gunakan uang untuk membuat video yang keren. Tak sedikit peserta crowdfunding yang menampilkan video yang plain dalam kampanye Kickstarter atau Indiegogo. Jika memang memiliki dana terbatas, kita bisa mengakalinya dengan meminta mahasiswa videografis untuk membuatnya atau kita bisa belajar secara otodidak untuk membuat video yang keren.

    Cara-cara di atas berlaku tak hanya untuk kampanye Kickstarter, tapi secara umum situs crowdfunding. Praktikkan dan rasakan hasilnya. (bn)

    Sumber : http://www.marketing.co.id/ingin-sukses-pendanaan-crowdfunding-ini-caranya/