• Resep Herbal Perawatan Rambut

    Buah-Buahan untuk Perbaiki Kerusakan Rambut - Di dunia kecantikan, buah tak cuma bisa digunakan sebagai masker wajah saja. Lebih dari itu, buah juga dipakai sebagai bahan perawatan rambut bermasalah.

    Buah-buahan dinilai memiliki kandungan senyawa alami yang berguna untuk tubuh. Karena itu memanfaatkan buah untuk menyehatkan tubuh adalah langkah yang tepat. Salah satu cara untuk memanfaatkan buah adalah membuatnya menjadi masker rambut. Setelah diratakan pada seluruh rambut, diamkan masker selama 40 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

    1. Rambut rusak karena proses kimia
    Pelurusan rambut, pewarnaan, dan pengeritingan akan membuat rambut jadi rusak. Untuk mengatasi kerusakan rambut akibat proses ini, gunakan campuran buah pisang, satu sendok teh air lemon, dan satu buah kuning telur.

    2. Rambut kering dan kaku
    Karena berbagai alasan, rambut bisa menjadi sangat kaku seperti jerami. Agar rambut jadi mudah diatur, maka Anda membutuhkan masker rambut yang terbuat dari campuran buah pisang, pepaya yang dihaluskan dan air hangat. Masker rambut ini akan membantu rambut Anda agar tetap berkilau dan lembut.

    3. Rambut dan kulit kepala berminyak
    Rasanya banyak orang Indonesia yang mengeluhkan masalah rambut yang satu ini. Tak sulit kok untuk mengatasinya, karena Anda hanya membutuhkan masker rambut yang terbuat dari campuran jus jeruk dan yogurt.

    4. Rambut rontok
    Rambut rontok bisa jadi mimpi buruk untuk banyak orang. Padahal sudah coba banyak sampo dan juga minyak rambut yang diklaim bisa mencegah kerontokan. Tenang, masker rambut alpukat bisa membantu Anda. Campur alpukat dengan fenugreek (daun herbal yang biasa dipakai untuk meningkatkan produksi ASI atau obat-obatan). Anda juga bisa menambahkan air teh hijau hangat ke dalam campurannya. Air teh hijau ini berfungsi untuk menenangkan kulit kepala.

    5. Rambut kusam
    Siapa sih yang tak mau rambutnya jadi indah berkilau? Sebenarnya, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dengan masker rambut dari santan. Caranya, campur saja santan kelapa, air jeruk, dan bir. Keramaslah dengan campuran ini dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas. (sumber : kompas.com)