• Manfaat Buah Bengkoang Untuk Mengencangkan Kulit

    Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu (/bəsusu/)

    Bengkoang adalah tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Banyak masyarakat yang mengkonsumsinya sebagai lalapan/salad yang menyehatkan. Bengkoang juga dipercaya masyarakat dapat mencerahkan dan memutihkan kulit, sehingga banyak dijadikan bahan untuk perawatan kulit.

    Kandungan utama dari bengkoang adalah vitamin C, yang dalam 1 umbi bengkoang, terdapat kandungan 40% vitamin C, sisanya adalah air dan serat. Ini adalah salah satu tanaman dengan kandungan vitamin C terbanyak. Untuk itu, mengkonsumsi bengkoang secara rutin akan dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

    Begitu pula untuk kulit. Vitamin C sangat dibutuhkan kulit untuk melakukan regenerasi sel kulit, memperbaiki sel kulit yang rusak dan menggantinya dengan sel yang baru. Kulit yang regenerasi kulitnya baik akan terhindar dari penuaan dini, yang biasanya ditandai dengan kerutan dan lingkar hitam di area sekitar mata. Vitamin C juga bersifat antioksidan, yang mampu melawan gangguan dari luar (radikal bebas), yang dapat menyebabkan gangguan/kerusakan kulit, hingga penyakit kanker.

    Anda pun dapat menjadikan bengkoang sebagai masker wajah yang berfungsi :

    Penggunaan bedak bengkuang kering atau masker bengkuang dapat membuat kulit halus, menghilangkan noda-noda di wajah ( flek), menghilangkan jerawat, serta dapat mengencangkan kulit

    Cara Membuat :

    Ambil beberapa buah bengkuang, kemudian keringkan dengan memakai mesin atau dapat dikeringkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
    Kemudian ditumbuk sampai menjadi bubuk.

    Cara Pemakaian :

    Bubuk bengkuang di pakai dengan cara mencampurkan bubuk tersebut dengan air bersih atau air mawar dan dipakai seperti memakai bedak.
    Tunggu hingga mengering. setelah kering bersihkan dengan menggunakan air bersih.
    Cara lain denganmenggunakan masker bengkuang yang sudah jadi dan dijual di toko-toko. penggunaannya cukup dengan mencampur bubuk masker dengan air bersih atau air mawar, langkah selanjutnya sama dengan penggunaan bubuk bengkuang kering.