• Kenali Perbedaan Kram Perut Normal dan Tidak Normal Saat Haid

    Sumber:--->Sri Retna berbagi status Cantik Tanpa Kosmetik.

    Rasa sakit atau nyeri saat hari pertama haid dialami banyak wanita. Kondisi ini terbilang normal, apabila rasa sakit masih bisa ditoleransi dan tidak berlangsung lama. Tapi apabila mengalami kram hebat hingga keluar keringat dingin setiap kali haid, bisa jadi tanda kalau ada masalah pada organ reproduksi Anda. Kenali rasa sakit saat Anda haid, untuk mengetahui apakah itu termasuk normal atau berada di kondisi yang mengkhawatirkan.

    1. Kram Normal
    Kram normal saat hari pertama menstruasi biasanya terasa di perut bagian bawah. Dikutip dari Cosmopolitan USA, rasa sakit cenderung ringan, seperti ingin buang air besar dan umumnya tidak berlangsung lama. Sekitar dua sampai lima jam. Apabila sakit sudah tak tertahankan, Anda bisa meminum obat pereda rasa sakit agar bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi hindari konsumsi obat jangka panjang dan terus menerus, karena efeknya kurang baik bagi kesehatan.

    2. Kista pada Ovarium
    Jika Anda mengalami kram sehingga sulit untuk bergerak, diikuti dengan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, sebaiknya segera periksakan ke ginekolog. Ada kemungkinan terdapat kista di ovarium Anda. Jika dideteksi sejak dini, penanganannya bisa lebih mudah. Namun untuk beberapa kasus, kista yang sudah membesar perlu diangkat dengan cara operasi.

    3. Endometriosis
    Endometriosis merupakan radang yang terkait dengan hormon estrogen, disertai perambatan pembuluh darah hingga menonjol keluar dari rahim. Penyakit tersebut mengikuti siklus haid Anda. Endometriosis belum diketahui penyebab pastinya. Namun Dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K) mengungkapkan, biasanya penyebab endometriosis karena darah haid tidak keluar sehingga pengeluarannya terjadi di dalam rongga perut wanita. Sering ditandai dengan rasa sakit yang hebat saat berhubungan seks atau mentruasi.

    4. PID Kronis
    Jika merasakan rasa sakit dan kram perut yang ekstrem, ada kemungkinan Anda menderita PID atau Pelvic Inflammatory Disease. Penyakit ini umumnya ditularkan lewat hubungan seksual, tapi bisa juga karena infeksi kista. PID bisa menyebabkan nyeri yang hebat dan tidak segera hilang. Jangan tunggu sampai kronis. Segera tangani dan konsultasikan pada dokter spesialis kandungan.(sumber : wolipop.com)