• 9 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

    Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

    Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.

    Didalam Daun Kemangi Ada Kandungan atau Komposisi gizi per 10 gram :

    Zat Gizi Kadar
    Energi (kkal) 46
    Protein (g) 4,0
    Lemak (g) 0,5
    Karbohidrat (g) 8,9
    Kalsium (mg) 45
    Fosfor (mg) 75
    Besi (mg) 2
    Vitamin A (RE) 750
    Vitamin B (mg) 0.08
    Vitamin C (mg) 50
    Air (g) 85

    Manfaat Daun Kemangi :

    1. Daun kemangi untuk demam dan masuk angin pada Balita. Caranya :Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lali dioleskan ke perut, dada, dan punggung, Akan mengatasi perut kembung/masuk angin dan deman pada anak balita.
    2. Bisa untuk memperlancar ASI. Konsumsi langsung / buat lalap daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI.
    3. Kemangi dapat menunda menopouse. Kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Jadi perbanyak konsumsi kemangi jika ingin menunda massa menopouse.
    4. Membunuh jamur penyebab keputihan. Kandungan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan.
    5. Membantu pematangan sel telur (ovulasi) : Kandungan Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).
    6. Sebagai Anti Peradangan. Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.
    7. Memelihara kesehatan Jantung. Kandungan betakaroten dan magnesium pada kemangi, yang merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung
    8. Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke. Kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.
    9. Daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan untuk sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal. Pengobatan menggunakan daun kemangi, yaitu dapat mengatsi sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu. Selain itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.