• 8 Manfaat Biji Pala dan Obat Diabetes

    Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dalam ensiklopedia karya Plinius "Si Tua". Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia (Grenada).
    Istilah pala juga dipakai untuk biji pala yang diperdagangkan.

    Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

    Biji pala mempunyai sifat antiemetic yaitu senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk mengatasi mual atau muntah.Begitu besar khasiat buah pala banyak terdapat di bagian daging, kulit, biji pala sampai ke bunganya sekali pun yang mana terdapat kandungan kimia didalamnya.

    Penelitian yang dilakukan untuk menguji seberapa besar kadar gizi yang terkandung dalam Biji Pala tidak sia-sia, terbukti banyak sekali zat baik yang dibutuhkan tubuh.
    Kandungan biji pala diantaranya adalah

    Kandungan Energi Buah Pala = 42 kkal
    Kandungan Protein Buah Pala = 0,3 gr
    Kandungan Lemak Buah Pala = 0,2 gr
    Kandungan Karbohidrat Buah Pala = 10,9 gr
    Kandungan Kalsium Buah Pala = 32 mg
    Kandungan Zat Besi Buah Pala = 2 mg
    Kandungan Vitamin A Buah Pala = 29 IU
    Kandungan Vitamin B1 Buah Pala = 0 mg
    Kandungan Vitamin C Buah Pala = 22 mg

    Manfaat Biji Pala:

    1. Mengobati Suli tidur (insomnia)

    caranya sangat mudah, ambil 1 buah biji pala lalu tumbuh hingga halus dan beri sedikit air. letakkan pada pelipis penderita di malam hari saat akan tidur.

    2. Mengobati Pusing kepala

    Ambil 1 buah biji pala dan campur dengan 7 lembar daun sirih, 7 buah cengkeh, kemudian semua ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air, dan oleskan pada tengkuk dan ubun-ubun penderita.

    3. Mengobati telinga yang sakit

    Caranya, ambil biji pala dan biji mahoni, lalu tumbuk halus. Tambahkan 1/2 liter air, lalu rebus dan biarkan mendidih selama 10 menit. Teteskan air pada telinga sebanyak 4 sampai 5 kali.

    4. Pereda sakit perut

    5. Menghilangkan jerawat dan noda

    6. Mengatasi rasa mual

    7. Meringankan penyakit maag

    8. Menyembuhkan suara parau

    Manusia banyak kesibukan dalam kegiatan sehari-hari sehingga banyak yang mengalami yang namanya susah tidur. Penyakit akan mudah sekali datang bila sesorang kurang tidur. Parkinson adalah salah satu penyakitnya, Ini bisa berlangsung karena terjadinya degenerasi sel-sel otak yang menghasilkan dopamine.

    Kelemahan obat yang berbahan kimia untuk mengobati yang namanya susah tidur memiliki efek samping ketika di gunakan dalam kurun waktu yang panjang, dan bila menggunakan obat yang berbahan kimia bisa timbul ketergantungan dan bisa meningkatkan dosis terus menerus.

    Obat herbal yang ada dialam sekeliling kita dan sangat dekat dengan kita itulah biji pala. Kini biji pala tersebut telah tersedia dalam bentuk kapsul biji pala terlihat lebih praktis.

    Penelitian Biji Pala Untuk Obat Diabetes

    Manfaat biji pala dalam Pengelolaan Diabetes Militus Tipe 2 karena aktivasinya sebagai antihiperglikemik dan antidislipidemik dan bisa menurunkan resiko penyakit komplikasi yang di pacu oleh inflamasi, disfungsi endotel, dan aterosklerosis mealalui aktivitasnya sebagai antioksidan dan antiinflimasi.

    Sebelum biji pala di gunakan untuk antidiabetes ada berbagai macam obat yang bisa mengobati diabetes, salah satunya adalah Thiazolidinedion (TZD). Ada juga orang yang memutuskan biji pala untuk bahan penelitian karena kaunikan dari tanaman tersebut.

    Ada beberapa seorang peneliti yang berhasil mengisolasi senyawa aktif macelignan dari biji pala dan memiliki peran sebagai agonis yang berpotensi untuk perkembangan dalam proses pembuatan obat antidiabetes dan antihiperlipidemia.

    Seorang peneliti hanya fokos untuk perkembangan pada biji pala, dan memiliki keyakian penuh bahwa seluruh tanaman pala mempunyai khasiat lain, seorang peneliti pun terinspirasi untuk mengeksplorasinya sebagai tujuan penelitiannya. Dan hasil penelitiannya telah dipatenkan serta di presentasikan pada seminar internasional.

    Tanaman pala juga begitu banyak di Indonesia, sama seperti di Negara india. Hal tersebut bisa memiliki banyak manfaat sebagai bahan untuk obat-obatan, serta bisa menjadi solusi untuk dunia kesehatan dan bisa membantu masyarakat.
    Manfaat dan kandungan biji pala,manfaat biji pala bagi kesehatan,manfaat biji pala untuk kesehatan,tips manfaat biji pala kering,manfaat biji pala kering,artikel manfaat biji pala kering,resep manfaat biji pala kering,manfaat tanaman pala,kasiat buah pala,budidaya pala,manfaat buah pala,manfaat biji pala,jual buah pala,klasifikasi pala biji pala,kandungan buah pala,harga pala