• 5 Kisah yang Harus Dapat Entrepreneur Ceritakan

    5 Kisah yang Harus Dapat Entrepreneur Ceritakan - Tidak ada yang memiliki kekuatan untuk membuat orang lain dekat dengan Anda daripada kemampuan mengisahkan perjalanan kita yang menginspirasi. Seorang entrepreneur perlu memiliki ketrampilan bertutur yang baik karena hal itu dibutuhkan baik saat elevator pitch hingga mengajak bicara konsumen untuk memberikan testimonial. Jelaslah bahwa kemampuan bercerita yang mengalir dan memukau pendengar memperkuat posisi brand dan bisnis Anda. Kisah yang menginspirasi itu memberikan pesan universal bagi tim, konsumen setia, investor dan pers.

    Berikut adalah 5 kisah yang patut Anda angkat sebagai entrepreneur:

    Kisah asal riwayat bisnis Anda: Bagaimana bisnis Anda bisa muncul? Kejadian menarik apakah yang menjadi latar belakang pendiriannya? Apakah masalah yang dulu Anda temui dan ingin pecahkan dengan mendirikan bisnis? Semua hal ini dapat dipastikan membuat orang lain tertarik dengan pribadi Anda dan usaha yang tengah Anda kembangkan.

    Masa depan yang diinginkan: Bagaimana dunia akan terlihat saat perusahaan Anda makin besar? Apakah Anda pernah terpikir untuk itu? Apakah rasanya inspiratif untuk menarik tim yang berkualitas, mentor bisnis yang cocok dn investor yang berpotensi? Ceritakan kisah masa depan bisnis Anda dan Anda akan menarik orang-orang yang bersemangat dan berpikiran serupa dengan visi dan misi yang kurang lebih juga sama.

    Momen belajar: Kegagalan itu membawa pelajaran berharga. Kegagalan berarti Anda sudah mencoba, menguji dan belajar sesuatu. Kegagalan memberi Anda pijakan untuk bergerak maju. Menceritakan kegagalan, tidak hanya keberhasilan, akan membuat Anda menyadari bahwa dunia tidak semudah rencana awal dan kegagalan membuat kita lebih rendah hati. Berbagi kisah kegagalan juga membuat orang lain merasa beruntung karena mereka bisa menghindarinya dengan belajar dari pengalaman pahit Anda. Mereka akan sangat berterima kasih untuk pelajaran yang diberikan agar waspada saat berbisnis.

    Anekdot yang bermakna luas dan dalam: Ada banyak anekdot atau kisah-kisah nyata dalam keseharian kita menjalankan bisnis yang bisa dibagikan pada audiens. Anda bisa menyampaikan kisah yang tampaknya sepele tetapi memiliki makna mendalam. Kekuatan anekdot semacam ini lebih tinggi daripada hanya slogan, motto, tagline atau teks iklan yang indah dibaca tetapi semu. Kisah sehari-hari yang bermakna ini patut diceritakan saat wawancara pers dan pidato Anda dalam acara yang dihadiri banyak sosok penting.

    Monolog internal Anda: Dari tim Anda ke dewan pimpinan hingga konsumen yang membuat bisnis Anda tetap berjalan, setiap orang yang sudah berkomitmen untuk perusahaan Anda layak mengetahui motivasi Anda. Berbagilah kisah mengapa Anda mendedikasikan hidup Anda pada bisnis ini.