• 3 Manfaat Buah Salak Untuk Tubuh

    Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (Min., Mak., Bug., dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.
    Buah salak yang bisa ditemukan diberbagai kota ternyata banyak sekali kandungan gizi didalamnya. Bahkan selain mengandung banyak gizi, buak salah dapat mengurangi atau mengobati beberapa penyakit.


    Kandungan Gizi Buah Salak Dalam 100 Gram

    Kalori 77,0 kal
    Protein 0,40 g
    Karbohidrat 20,90 g
    Kalsium 28,00 mg
    Fosfor 18,00 mg
    Zat Besi 4, 20 mg
    Vitamin B 0,04 mg
    Vitamin C 2,00 mg
    Air 78,00 mg

    Vitamin yang digunakan memelihara dan menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. saat kita sekolah guru-guru kita selalu menganjurkan banyak makan wortel untuk memenuhi kebutuhan vitamin A. Sedangkan dr. Pericone menganjurkan untuk menghindari wortel dalam diet untuk bebas kerut karena menurut dia banyaknya makanan yang tinggi kandungan vitamin A (seperti karoten) dapat menimbulkan respon peradangan sebagai akibat kandungan gula yang tinggi. Nah bagi yang berkacamata saat sedang berusaha mengurangi kerut alias usaha awet muda ya sebaiknya mengganti wortel dengan jus salak.

    Penelitian terbaru buah salak yang disampaikan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5kali lebih banyak dibanding mangga, 3 kali dibandingkan jambu biji dan 5kali semangka merah. Sayang tidak disebutkan berapa kalinya wortel.

    Manfaat buah salak untuk kesehatan

    Lalu apa saja sebenarnya khasiat buah salak? Berikut adalah beberapa khasiat buah salak yang akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsinya :

    1. Mengatasi Diare

    khasiat buah salak sangat baik untuk mengobati apabila kita terserang penyakit atau masalah di sekitar perut seperti mencret atau diare. Dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda maka dapat membantu mengobati penyakit dan masalah di sekitar perut.

    2. Memelihara Kesehatan Mata

    khasiat buah salak sangat baik untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata, ini karena buah salak mengandung betakaroten. Pada penelitian terakhir menyatakan, betakaroten dalam buah salak lebih banyak bila dibandingkan dengan buah mangga, jambu biji dan juga semangka merah.

    3. Membantu Program Diet

    khasiat buah salak sangat baik untuk membantu program diet kita, ini karena buah salak mengandung zat gizi dan fitonutrien yang berpotensi membantu program diet. Selain itu, di dalam buah salak terdapat vitamin C, tannin dan serat. Dan diketahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau efek kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

    Untuk mengurangi kekhawatiran tidak atau kesulitan BAB, jangan lupa untuk memakan atau membuat jus salak dengan kulit arinya. Tidak menguliti salak sampai bersih, karena kulit ari ini yang dipercaya bisa mengatasi kesulitan BAB jika memakan banyak buah salak atau minum banyak jus salak. Ayo kita berekpserimen dengan jus salak untuk merawat mata kita. Semoga bermanfaat. . .