• Tiga Langkah Sukses di Bursa Kerja

    Bursa kerja menjadi ajang banyak orang menemukan pekerjaan idaman. Tetapi, mengikuti bursa kerja bukan berarti jaminan seseorang akan mendapatkan posisi di sebuah perusahaan. Kuncinya, sabar dan jeli melihat peluang.

    Ketika mengikuti bursa kerja, baik di sekolah maupun di berbagai lokasi, kita harus membekali diri dengan setumpuk dokumen lamaran. Namun saat ini, kita cukup membawa flash disk berisi dokumen tersebut karena kebanyakan bursa kerja sudah bersifat online.

    Selain "bekal" tersebut, apa yang bisa membuat seseorang sukses mendapatkan pekerjaan di bursa kerja? Surviving College, Selasa (21/1/2014) punya jawabannya.

    1. Jangan melamar semua lowongan yang Anda lihat

    Kebanyakan pencari kerja berpikiran, "Saya hanya harus mendapatkan pekerjaan, apa pun itu." Ini adalah pendekatan yang salah dalam proses pencarian kerja.

    Ingat saja, apa pun jenis pekerjaan yang Anda ambil, Anda harus bekerja dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda ingin melakukan sesuatu dalam jangka panjang, Anda sebaiknya menikmati yang Anda lakukan. Ini berarti Anda harus menyukai perusahaan, rekan kerja dan pekerjaan Anda sendiri.

    Dalam perjalanan karier, mungkin Anda akan mengalami pasang surut. Tetapi hal itu akan lebih baik ketimbang masuk kerja tanpa keinginan untuk menetap. Jangan melamar pekerjaan yang Anda ketahui tidak akan Anda sukai. Uang bukanlah segalanya.

    2. Jujur tentang gaji yang diinginkan

    Jika Anda membutuhkan uang, jangan ambil pekerjaan magang tanpa gaji. Dan jika Anda mengambil pekerjaan, akan selalu ada ruang untuk negosiasi gaji.

    Sebaiknya Anda mengambil gaji yang setara atau lebih tinggi dari nominal gaji yang Anda terima sekarang. Jika Anda menginginkan lebih banyak, mintalah dengan sopan.

    3. Rencanakan masa depan

    Ketahui apa tujuan Anda dalam hidup. Anda mungkin tidak akan segera mendapatkan pekerjaan impian, tetapi pertimbangkan untuk melamar sebuah lowongan yang akan membantu Anda mencapai pekerjaan impian tersebut. Jika ada perusahaan yang Anda sukai, segera melamar ke sana.