• Masuk PTN? Ya Lewat SNMPTN!

    Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 telah menetapkan serangkaian tahapan untuk mendaftar ke PTN. Dimulai dari pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh kepala sekolah, verifikasi data oleh siswa hingga pendaftaran ke PTN oleh masing-masing siswa. Setelah itu, PTN pun melakukan seleksi berdasarkan kriteria yang telah mereka tetapkan.

    Semua sekolah dan siswa harus menjalani keseluruhan tahapan tersebut jika ingin menembus PTN idaman. Humas SNMPTN 2014 Bambang Hermanto mengimbau masyarakat agar tidak tertipu oleh aksi para oknum yang mengiming-imingi mudah masuk PTN tanpa proses seleksi tersebut.

    "Masyarakat tidak boleh percaya bahwa ada orang-orang tertentu yang bisa memasukkan (ke PTN), karena datanya terekam dengan baik, dan bisa dilihat," ujar Bambang seperti dinukil dari laman Kemendikbud, Senin (13/1/2014).

    Dia pun menyesalkan adanya pengaduan masyarakat tentang seseorang yang mengaku panitia SNMPTN dan bisa membantu memasukan calon siswa ke PTN yang diminatinya dengan meminta sejumlah dana. Telepon pengaduan itu, kata Bambang, datang dari masyarakat di Depok, Bogor, dan Tangerang.
    "Masyarakat harus berhati-hati dan tidak terbujuk rayu penipuan ini," kata Bambang.

    Pengisian PDSS berlangsung pada 6 Januari-6 Maret 2014. Tahap pendaftaran siswa pada 17 Februari hingga 31 Maret 2014. Sedangkan proses seleksi akan berlangsung pada 1 April hingga 26 Mei 2014.

    Kemudian, hasil seleksi akan diumumkan pada 27 Mei 2014. Siswa yang dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftaran ulang di PTN masing-masing pada 17 Juni 2014. Informasi lengkap tentang SNMPTN dapat disimak di laman resmi SNMPTN.